/ / Strategi Instagram Marketing yang Tepat untuk Bisnis Kecil
Social Media Marketing

Strategi Instagram Marketing yang Tepat untuk Bisnis Kecil

Strategi Instagram Marketing

Memiliki strategi yang tepat untuk Instagram marketing menjadi sebuah keharusan. Mengingat bahwa media sosial ini sangat populer di Indonesia. Hal tersebut membuatnya sangat penting untuk di terapkan.

Terlebih lagi untuk Anda yang memiliki bisnis online, sudah wajib hukumnya untuk menguasai social media marketing. Karena akan membantu bisnis Anda untuk bisa mendapatkan banyak pelanggan.

Strategi Instagram Marketing yang Tepat

Social media marketing tidak terbatas hanya untuk bisnis yang berskala besar saja, bahkan untuk skala kecil pun sama saja. Lalu, apa saja strategi Instagram marketing yang bisa Anda terapkan? simak berikut ini:

1. Membangun Kredibiltas Bisnis

Untuk membangun kredibilitas atau kepercayaan terhadap bisnis Anda di media sosial sebenarnya sederhana. Pada dasarnya kredibilitas sebuah bisnis tidak dilihat dari berapa jumlah followers yang Anda miliki.

BACA JUGA: Manfaat Social Media Marketing untuk Bisnis Online

Secara sederhana, Anda dapat membangun kredibilitas bisnsi Anda dengan menciptakan brand awareness. Caranya adalah dengan membuat orang-orang tahu bahwa bisnis Anda bisa loh ditemukan di internet.

Anda bisa membuat akun khusus untuk bisnis atau brand Anda di semua media sosial, contohnya Facebook, Instagram, twitter, dan sebagainya. Anda juga bisa membuat website agar lebih profesional. (Tapiā€¦. baca point 5).

Jika Anda tidak bisa membuat website sendiri, IDBlog Media dapat membantu Anda dengan jasa pembuatan website yang kami miliki. Selain dapat website, kami juga mendesainnya sesuai dengan brand atau bisnis Anda.

2. Bangun Relasi di Instagram

Pada dasarnya media sosial di ciptakan untuk tetap terhubung dengan kerabat-kerabat atau relasi yang berada jauh dari Anda. Sehingga Anda juga harus bisa memanfaatkan ini untuk membangun relasi.

Dengan membangun jaringan relasi yang tepat, tentu Anda akan dengan mudah nantinya untuk menarik pelanggan potensial. Untuk menerapkannya juga sangat mudah sekali, misalnya:

BACA JUGA: Bisnis Online vs Offline, Mana yang Lebih Menguntungkan?

  1. Membalas Pesan Masuk
  2. Menjawab Komentar
  3. Manfaatkan Fitur Story
  4. Ajak berdiskusi di postingan Anda
  5. Dan sebagainya

3. Strategi Instagram Marketing

Kunci kesuksesan dalam strategi Instagram marketing adalah memiliki konten yang akurat dan valuable. Sederhananya, untuk mendapatkan banyak perhatian dari pengguna, maka harus ada yang Anda berikan.

BACA JUGA: Strategi Meningkatkan Followers dan Like di Social Media

Dengan memiliki konten yang diakurasi dan valuable di Instagram dapat menjaring perhatian lebih dari orang-orang dan mau follow akun Anda. Semakin banyak yang follow tentu semakin banyak juga pelanggan potensial yang Anda miliki.

Tapi, sayangnya tidak semua bisa membuat konten untuk Instagram mereka sendiri. Alhasil cuma upload foto produk saja secara terus menerus. Followers Anda tidak suka itu, mereka juga butuh value.

Solusinya adalah dengan belajar membuat konten yang informatif, desain yang menarik, dan tentunya dengan topik yang relevan dengan bisnis Anda.

Jika Anda tidak bisa membuatnya sendiri, Anda menggunakan jasa Instagram marketing yang kami sediakan. Tentu saja dengan harga yang sangat terjangkau atau bisa dibilang sangat murah di banding yang lainnya.

4. Strategi Instagram Marketing: Pelacakan

Untuk yang satu ini sangat sederhana sekali, Anda bisa membuat hashtag yang menarik dan sesuai dengan bisnis Anda. Dengan begitu, Anda dapat melacak bagaimana interaksi yang terjadi pada postingan konten Anda.

BACA JUGA: Elemen Penting Social Media Marketing, WAJIB TAHU!

Selain itu, Anda dapat memanfaatkan fitur analytics yang ada di Instagram untuk melihat performa akun bisnis Anda dengan rentan waktu tertentu. Data-data tersebut bukanlah pepesan kosong.

Tapi data tersebut dapat membantu Anda untuk memahami apa yang followers Anda suka, apa yang mereka butuhkan, dan akhirnya Anda dapat menerapkan strategi Instagram marketing yang tepat.

5. Gunakan Medsos yang Powerful

Walaupun disini kita bahas Instagram, tapi banyak diantar pebisnis menggunakan seluruh media sosial untuk promosi. Tidak salah sebenarnya, tapi akhirnya tidak bisa fokus untuk mengelola akunnya.

BACA JUGA: Media Sosial yang Efektif untuk Mengembangkan Bisnis

Jadi Anda hanya perlu menggunakan media sosial yang memiliki performa yang terbaik untuk bisnis Anda. Karena tidak semua media sosial cocok untuk bisnis Anda. Misalnya jualan baju tapi promisi di LinkedIn, sulit.

Jadi pilihlah beberapa media sosial saja yang menghasilkan lebih banyak, misalnya Instagram dan Facebook saja. Kedua media sosial ini paling banyak digunakan di Indonesia sehingga potensinya juga besar.

Penutup

Strategi social media marketing memang sedikit rumit jika Anda belum memahaminya. Jadi mempelajarinya adalah solusi terbaik agar Anda bisa memanfaatkannya untuk membangun bisnis di media sosial.

Itulah dia beberapa strategi Instagram marketing yang dapat Anda terapkan untuk bisnsi yang berskala kecil. Semoga dapat bermanfaat dan silahkan share jika artikel ini bermanfaat.

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *