BerlanggananBerlangganan Artikel Gratis Langsung Di Email Anda

Tips Dalam Merawat Laptop Yang Baik Dan Benar

KrocoNet.com – Tips Dalam Merawat Laptop , Pada zaman sekarang laptop bukan lagi hal yang mahal untuk dimiliki melainkan adalah kebutuhan. Tapi sekian banyak pengguna laptop hanya bisa menggunakannya saja tanpa bisa melakukan perawatan yang baik dan benar untuk laptopnya. Padahal didalam sebuah laptop terdapat banyak komponen peyusun yang membangun sebuah laptop dan agar fungsi dari penyusun laptop itu selalu berfungsi dengan baik maka harus adanya perawatan yang dilakukan secara rutin atau berkala.

Tips Dalam Merawat Laptop Yang Baik Dan Benar

Dengan mengabaikan perawatan laptop bisa saja laptop rusak dan anda pasti membawanya ke tukang service dan itu akan memakan biaya yang lebih besar dibandingkan kita melakukan perawatan pada laptop tersebut. Merawat laptop itu tidak sesulit yang kalian bayangkan hanya perlu ketekunan dalam melakukannya. Baik tanpa banyak berbicara lagi berikut adalah Tips Merawat Laptop silahkan disimak

  1. Jangan meletakkan beban yang berat diatas laptop karena hal ini dapat berdampak kepada kerusakan LCD dari laptop tersebut.
  2. Jangan letakkan laptop dalam kondisi yang bersuhu extrim ( Terlalu panas/Terlalu Dingin) . Misalkan meletakkan laptop didalam mobil yang sedang diparkir karena suhu panas yang berlebihan didalam mobil akan membuat komponen komponen laptop mengalami kerusakan.
  3. Mengurangi cahaya pada LCD , dengan mengurangi intensitas cahaya pada laptop selain tidak membuat mata anda mengalami kerusakan juga akan membuat batrei laptop lebih awet.
  4. Menggunakan Stabilizer , Sangat disarankan untuk menggunakan stabilizer saat anda bekerja dengan laptop anda dengan keadaan sedang berhubungan dengan sumber listrik ( charge ) karena dengan stabilizer akan mencegah arus listrik yang berlebihan ke laptop anda
  5. Proses Turn On dan Turn Off harus dilakukan dengan benar. Pastikan dalam turn off hardisk sudah benar benar dalam keadaan mati agar tidak terjadi kerusakan yang cepat pada hardisk.
  6. Hindari medan magnet untuk melindungi data data yang ada didalam hardisk. Jangan meletakan piranti yang mengandung medan magnet yang tinggi didekat laptop. Misalkan speaker yang tidak berpelindung dan juga handphone.
  7. Jangan menaruh laptop dalam pangkuan dalam jangka waktu yang lama karena menurut dokter akan berdampak buruk pada alat reproduksi anda.
  8. Jauhkan dari benda cair, karena laptop merupakan alat elektronik jadi jika terkena air akan berdampak buruk kepada komponen laptop.
  9. Hindari dari goncangan ketika anda membawanya
  10. Sebisa mungkin hindari penggunaan laptop ketika dalam keadaan sedang di charge/cas karena akan berdampak pada batrei yang akan cepat melemah.
  11. Rawatlah LCD laptop karena LCD merupakan 40% aset dari sebuah laptop,bayangkan saja jika semua komponen laptop dalam keadaan baik tapi LCD laptop tidak menyala kan sama saja tidak ada gunanya.
  12. Buka tutup LCD laptop dari sisi kanan dan kiri jangan dengan menekan bagian tegahnya karena pada bagian tengah terdapat blok yang rentan rusak jika mendapatkan tekanan.
  13. Gunakan Laptop sebijaksana mungkin untuk menghindari hal hal yang tidak di inginkan.
Sebenarnya masih banyak Tips Dalam Merawat Laptop tapi saya meringkasnya dengan melihat perilaku pengguna laptop sehari hari. Mungkin itu saja yang dapat saya bagikan semoga artikel ini bermanfaat dan dapat di praktekan dalam merawat laptop kesayangan kalian. Jika dalam artikel ini terdapat kekurangan atau kesalahan harap membenarkan dengan mengisi kolom komentar di bawah ini . Terima Kasih telah berkunjung ke blog saya semoga mendapatkan manfaat.