Tips Dan Trik Manajemen Waktu Untuk Menulis

Tips Dan Trik Manajemen Waktu Untuk Menulis – Halo Indonesian Blogger, Saya adalah pengguna aktif di twitter dan sampai sekarang saya follow beberapa penulis penulis novel yang ada di twitter. Terkadang saya heran bagaimana mereka bisa menulis begitu banyak tulisan dalam sehari.

Tips Dan Trik Manajemen Waktu Untuk Menulis Agar Lebih Produktif

Mungkin tips ini juga akan sangat bermanfaat untuk para blogger yang kurang produktif untuk menulis dihalaman blog nya. Walaupun secara garis besar menulis novel dan menulis artikel di blog memiliki sedikit perbedaan. Ya tidak terlalu banyak namun cukup signifikan, silahkan baca di google.

Baca : Cara Mudah Mencari Inspirasi Menulis Artikel Dengan Android

Tapi tahukah anda bahwa banyak penulis yang berawal dari sekedar menulis cerita cerita mereka di blog. Jika penggemar atau pembacanya banyak akhirnya beralih menjadi penulis buku dan bukunya pun di terbitkan. Contohnya saja Raditya Dika, sudah tahu dong kisahnya.

Ok back to topic, Mungkin anda sibuk untuk bekerja pada pagi hingga sore hari dan malamnya waktunya istirahat, Sehingga anda tidak memiliki waktu untuk menuangkan ide anda dalam sebuah tulisan. Ini adalah alasan yang paling classic namun memang benar adanya.

Baiklah saya akan bagikan sedikit Tips Dan Trik Manajemen Waktu Untuk Menulis yang saya dapat dari beberapa penulis yang saya follow di twitter, Semoga dapat membantu anda dalam memanage waktu untuk menulis dan waktu untuk mengerjakan tugas lainnya.

Tips Dan Trik Manajemen Waktu Untuk Menulis

1. Ketahui Kemampuanmu

Yang pertama adalah anda harus mengetahui sampai mana kemampuanmu. Jangan sampai anda lupa waktu saat menulis dan berakibat pekerjaan atau tugas lainnya menjadi terbengkalai. Jangan terlalu memaksa untuk menyelesaikan banyak halaman dalam sekali menulis.

Baca : Modal Dasar Menulis Artikel Blog

2. Buatlah Jadwal Untuk Menulis

Buatlah jadwal anda sendiri, Tulis apa saja kegiatan yang akan anda lakukan. Buatlah semua point point nya agar anda tidak lupa. Namun ada baiknya anda menuliskan jadwal anda dimulai dari skala prioritasnya, Selesaikan semua jadwal dari yang paling prioritas terlebih dahulu sebelum menulis.

3. Tentukan Target Tulisan

Tentukan target berapa halaman yang harus anda tulis dalam satu hari. Misalnya dalam sehari anda harus menyelesaikan 3-5 halaman dalam sehari, maka dalam sehari anda wajib untuk menyelesaikan 3-5 halaman itu. Disini yang anda butuhkan adalah Disiplin dan Konsisten, Sanggupkah anda ?

Tapi nanti saya stress dan tidak fokus ketika harus menulis dengan target, Hal ini memang ada benarnya. Tapi saat anda menentukan target maka anda memiliki yang namanya dorongan dan komitmen atas diri anda sendiri, Itu akan membuat anda lebih terpacu dan lebih produktif untuk menulis.

4. Majukan Target

Tips Dan Trik Manajemen Waktu Untuk Menulis pada point 3 adalah membuat target. berikutnya adalah anda harus bisa memajukan target anda. Semisal anda menargetkan tulisan anda harus selesai pada hari sabtu, maka cobalah untuk menyelesaikannya pada hari kamis atau jumat.

Untuk apa memajukan target, sedangkan kita sudah punya jadwal? agar anda memiliki waktu untuk melakukan koreksi dan editing. Jangan sampai anda sudah mencapai batas limit sehingga tulisan anda keluar atau di publish tanpa proses check dan editing, Alias keluar apa adanya.

5. Waktu Istirahat

Tambahkan Waktu untuk beristirahat dalam jadwal anda, tidak perlu waktu 3 sampai 4 jam lamanya. Anda bisa mengambil istirahat 30 sampai 1 jam untuk sekedar istirahatkan mata dan otak anda yang sudah lelah. Manfaatkan waktu istirahat anda untuk menyegarkan diri dan meminum segelas kopi anda.

Baca : Kesalahan Dalam Menulis Artikel

6. Tulis Apapun Yang Terlintas

Setelah anda beristirahat, ide ide akan bermunculan di kepala anda untuk ditulis. Maka jangan lewatkan kesempatan ini, tulislah semua ide yang muncul dalam secari kertas atau apapun yang bisa anda gunakan untuk mencatat ide yang muncul tersebut sebelum idenya kembali hilang tanpa jejak.

Jangan memaksakan untuk menyelesaikan ide tersebut hari ini, tapi tulis saja kerangka idenya terlebih dahulu dan simpan di draft anda. Saat anda memiliki waktu lagi untuk menulis maka kembangkan ide tersebut, tambah isi tulisan dalam draft nya.

7. Siapkan Waktu Khusus

Agar lebih efisien dan produktif dalam menulis, cobalah untuk menyiapkan waktu khusus untuk menulis. Pada saat ini, jauhkan semua gangguan yang dapat mengalihkan perhatianmu misalnya gadget, tv atau hal hal yang bisa nge’distract anda untuk menulis.

Setiap penulis biasanya memiliki writing time sendiri, artinya anda sendiri yang tahu kapan waktu itu. Kapan waktu mood anda baik, kapan anda punya waktu bebas untuk menulis dan lain lain. Selain itu carilah tempat yang bisa membuat anda nyaman saat menulis.

8. Sedikit Demi Sedikit

Jika anda memang sudah terlalu sibuk untuk bisa menulis, maka menulislah sedikit demi sedikit. Cobalah untuk menyelesaikan 5 halaman dalam sehari. Jika dalam sehari anda bisa menulis 5 halaman maka dalam sebulan anda bisa menghasilkan 150 halaman, artinya anda menyelesaikan 1 buku dalam sebulan.

Hampir sama saja dengan Tips Dan Trik Manajemen Waktu Untuk Menulis pada point ketiga, Anda harus lebih konsisten untuk menulis sedikit demi sedikit ide anda hingga akhirnya menjadi satu buah karya yang layak dipublikasikan untuk dibaca banyak orang.

Lebih baik sedikit demi sedikit karena pada akhirnya karya anda akan terselesaikan, daripada menunggu nunggu hingga akhirnya deadline datang dan itu akan membuat anda stress dan menulis apa adanya dan berakhir dengan tulisan apa adanya.

Itulah sedikit Tips Dan Trik Manajemen Waktu Untuk Menulis yang saya dapatkan dari beberapa penulis Indonesia yang saya ikuti ditwitter, Semoga dapat bermanfaat untuk kita semua. Jika terdapat kesalahan dalam artikel ini, saya mohon maaf dan silahkan menambahkan di kolom komentar jika terdapat kekurangan, terima kasih.

Share Article