Blogger

Tips Membuat Artikel Traveling Yang Menarik Untuk Travel Blogger

Tips Membuat Artikel Traveling – Halo Indonesian Blogger, Bagi anda yang gemar untuk jalan jalan dan juga menulis menjadi seorang travel blogger adalah salah satu pilihan yang tepat. Selain anda bisa berbagi cerita dari tulisan, anda juga bisa dapat uang dari itu.

Tips Membuat Artikel Traveling

Jika anda belum memiliki blog travel anda sendiri, saya sudah pernah buatkan tutorialnya dalam sebuah tulisan di Indonesian Blogger. Silahkan baca artikel dibawah ini untuk mengetahui cara buat travel blog dan cara menghasilkan dari blog tersebut.

Baca : Cara Membuat Travel Blog Dan Menghasilkan Uang

Perlu anda ketahui terlebih dahulu, travel blogger di Indonesia sendiri jumlah sangat banyak. Jadi anda harus jadi berbeda untuk menarik perhatian, banyak hal yang bisa dilakukan untuk jadi berbeda dari orang lain. Salah satunya adalah konten yang anda berikan di blog.

Selain dengan konten, anda juga bisa jadi berbeda dari gaya penulisan. Dengan gaya penulisan yang simple atau terkesan bahasa sehari hari bisa jadi lebih diminati oleh pembaca karena mereka serasa terbawa oleh suasana liburan anda.

Daripada berlama lama lagi berikut ini Tips Membuat Artikel Traveling Yang Menarik;

Tips Membuat Artikel Traveling Yang Menarik

1. Menentukan Target Pembaca

Tips Membuat Artikel Traveling pertama, terlebih dahulu anda harus menentukan target anda siapa. Dalam hal ini anda harus tahu siapa orang yang akan menjadi pembaca blog anda. Untuk mengetahui hal ini, anda bisa manfaatkan statistik instagram anda.

Pada statistik instagram, Anda dapat melihat rentan usia, gender, asal kota, dan negara yang senang dengan konten yang anda bagikan. Jika rentan usianya antara 18-24 tahun anda bisa gunakan bahasa yang lebih santai, contohnya penggunaan kata “kamu”.

2. Konsep Dan Tulisan Informatif

Setelah anda memiliki target pembaca yang ingin anda gapai, selanjutnya adalah menentukan konsep seperti apa yang ingin anda tuliskan dalam setiap postingan anda. Untuk menemukan konsep ini sendiri, anda bisa menentukannya dari konsep perjalanan anda sendiri.

Contoh konsepnya adalah apakah cerita perjalanan backpacker anda, tempat wisata, tips saat berlibur dan lain sebagainya. Selain menentukan konsep, setiap tulisan didalam postingan anda harusnya berisi informasi yang bermanfaat untuk pembaca.

Tulisan travel blog yang informatif contohnya berisi tentang spot yang menarik di suatu tempat wisata, jalur mana yang bisa dilalui untuk mencapainya, berapa harga tiket masuk ke objek wisata dan lain sebagainya. Tidak perlu teralalu detail, asalkan maknanya tersampaikan.

3. Pengetikan Dan Tata Bahasa Yang Rapi

Tips Membuat Artikel Traveling berikutnya adalah anda harus menguasai teknik mengetik yang baik, jangan sampai ada kesalahan dalam pengetikan. Terutamanya kesalahan pada bagian nama, seperti nama tempat, nama jalan, nama hotel, dan lain lain.

Menggunakan bahasa yang mudah dimengerti oleh pembaca juga akan sangat membantu orang untuk mengerti maksud anda pada setiap tulisan. Jika anda tidak terbiasa mengetik, saya ada satu tips nih bagaimana caranya untuk menulis sebuah artikel tanpa harus mengetik. Silahkan baca trick nya dibawah ini;

Baca Ini : Cara Menulis Artikel Tanpa Harus Mengetik

4. Buat Konten “Artikel” Bukan Buku Pelajaran

Disini tugas anda adalah membuat konten/artikel yang menceritakan pengalaman anda saat mengunjungi sebuah tempat wisata bukan untuk mengetik buku pelajaran yang tebalnya hingga ratusan halaman. Jadi ceritakan secukupnya saja tidak perlu terlalu detail.

Tulislah sedikit pengalaman anda di tempat wisata tersebut lalu di lanjutkan dengan memberikan informasi seperti pada point yaitu nama tempat wisatanya, lokasinya dimana, akses kesana bagaimana, intinya informasi yang seperti itu yang mereka butuhkan.

5. Terus Asah Skill Photography

Seorang travel blogger tidak bisa hanya mengandalkan tulisan untuk mendeskripsikan pengalamannya di sebuah tempat wisata. Makanya anda harus bisa sedikit photography untuk memberikan photo terbaik saat ditempat wisata untuk dilihat pembaca blog anda.

Tips Membuat Artikel Traveling jika anda terkendala dengan “kamera” jangan menyerah, gunakan saja smartphone yang anda miliki dan cari spot atau objek photo yang terbaik untuk anda abadikan kedalam gambar. Zaman sekarang no pict sama saja hoax.

Selain gambar, anda juga dapat membuat video liburan anda ke tempat wisata tersebut lalu di upload ke youtube channel anda. Setelah di upload ke channel anda, silahkan tambahkan video tersebut ke tulisan di blog anda. Hasilnya double kan?

Baca Juga : Langkah Mudah Membuat Channel Youtube

6. Pahami Soal Teknis Lain

Tips Membuat Artikel Traveling berikutnya, anda juga harus bisa paham setidaknya sedikit tentang apa itu SEO dan apa saja manfaatnya untuk blog. Karena SEO akan membantu blog anda untuk ditemukan oleh mesin pencari dan tampil di halaman google.

Selain itu anda juga harus mengerti sedikit tentang editing photo dan video ( Jika konten anda memiliki video ), anda bisa belajar menggunakan software editing seperti photoshop untuk mengedit gambar yang anda ambil di tempat wisata, agar lebih cantik.

7. Promosi Blog Anda

Tips Membuat Artikel Traveling berikutnya adalah promosi. Setelah anda membuat dan publish artikel anda, langkah selanjutnya adalah mempromosikan artikel ataupun blog anda kepada banyak orang. Anda bisa gunakan cara gratis ataupun berbayar.

Promosi Gratis

Tips promosi secara gratis, anda dapat manfaatkan media sosial yang digunakan oleh banyak orang seperti Facebook, Instagram,dan twitter untuk mempromosikan artikel ataupun blog anda. Media sosial menjadi salah satu cara terbaik sebagai media promosi gratis.

Baca : Penyebab Gagal Promosi Di Media Social

Promosi Berbayar

Untuk yang berbayar, anda dapat menggunakan facebook ads, Instagram ads, twitter ads utnuk mempromosikan artikel ataupun blog travel anda. Namun karena berbayar tentu saja ada biaya yang harus anda keluarkan untuk promosi.

Selain itu anda dapat melakukan endorse kepada travel blogger di instagram untuk mempromosikan artikel ataupun blog anda melalui stories mereka di Instagram. Cara ini sangat ampuh menarik pembaca yang minatnya sama dengan konten anda.

8. Jangan Ngomong Doang

Tips Membuat Artikel Traveling yang terakhir adalah anda jangan terlalu banyak mikir dan omdo alias omong doang, tapi lakukan sekarang juga. Jangan terlalu takut untuk memulai, anda tidak akan tahu hasilnya jika belum mencoba, ya kan?

Baiklah mungkin hanya itu yang dapat saya bagikan pada artikel Tips Membuat Artikel Traveling Yang Menarik kali ini, semoga dapat bermanfaat dan jika terdapat kesalahan saya mohon maaf, silahkan memberikan koreksi pada kolom komentar, terima kasih.

Tags

Abdul Muhajir

I am a Blogger and Internet Marketer who wants to learn, grow and share some knowledge and my experience about Blogging and Internet Marketing to help other Creative Individuals find their passion and share it to the world.
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker