Membuat Profile LinkedIn Terlihat Lebih Professional
Menu Close

Tips Membuat Profile LinkedIn Terlihat Lebih Professional

Membuat Profile LinkedIn Terlihat Lebih Professional – Halo Indonesian Blogger, LinkedIn merupakan media jejaring sosial yang memiliki keunikan tersendiri dibandingkan media sosial lainnya. Dimana mayoritas user dari LinkedIn adalah seorang professional.

Membuat Profile LinkedIn Terlihat Lebih Professional

Jika media sosial lain hanya digunakan untuk bersosialiasi dengan orang lain, namun berbeda halnya dengan LinkedIn dimana media sosial ini dapat kita manfaatkan untuk memperkenalkan diri atau bisnis yang Anda miliki kepada calon kolega atau perusahaan dengan beragam tujuan.

Jejaring sosial yang satu ini memang hanya digunakan oleh kalangan tertentu saja, seperti para professional ataupun para pekerja. Kenapa begitu? Karena LinkedIn biasanya digunakan oleh para recruiter untuk melihat profile calon pekerjanya, jadi LinkedIn sangat bermanfaat untuk karir Anda.

Tapi saya hanya seorang blogger, kenapa butuh akun LinkedIn? Tentu saja butuh,karena tautan blog yang kita bagikan di LinkedIn sangat baik untuk optimasi SEO sebuah website ataupun blog. Link yang Anda tautkan di LinkedIn dapat meningkatkan rate atau peringkat situs dihasil pencarian.

Baca juga : Manfaat LinkedIn Sosial Media Untuk Menunjang Karirmu

Sebelum masuk pada pembahasan, saya ingin luruskan dulu bahwa disini saya hanya memberikan tips untuk Membuat Profile LinkedIn Terlihat Lebih Professional bukan untuk bagaimana cara agar bisa mendapatkan tawaran pekerjaan dari perusahaan di LinkedIn.

Disclaimer

Membuat Profile LinkedIn Terlihat Lebih Professional

1. Membuat Profile

Jika Anda pernah membuat CV atau Curriculum Vitae, itu artinya bukan hal yang sulit untuk membuat profile LinkedIn professional Anda. Paga bagian profile Anda wajib mengisi semua informasi yang dibutuhkan seperti profile picture, pengalaman kerja, skill, pendidikan dan lain lain.

LinkedIn bisa kita ibaratkan sebagai CV namun berbasis online, jadi haruslah dilengkapi agar terlihat professional. Jangan lupa gunakan profile picture yang paling baik. Gunakan foto yang menampilkan wajah Anda, jangan gunakan foto berdua, bertiga apalagi menggunakan foto binatang peliharaan.

Pastikan foto yang Anda gunakan memiliki kualitas yang “Layak”, Makna layak disini adalah foto yang digunakan tidak blur dan dengan pose yang biasa biasa saja. Menampilkan seluruh wajah Anda pun tidak masalah, asalkan jangan sekali kali gunakan foto dengan pose pose nyeleneh.

2. Headline Professional

Anda wajib untuk mengisi kolom headline, karena headline adalah salah satu faktor penting untuk menunjang nama seseorang muncul di hasil pencarian agar memudahkan para recruiter atau perusahaan. Umumnya para user LinkedIn akan mencantumkan Tittle dan perusahaan tempat bekerja.

Contoh headline yang banyak digunakan seperti berikut ini

  1. Sales Manager at PT Blablabla
  2. Marketing Business Development Executive at PT blablabla
  3. Marketing Communication at PT blablabla

Note : Jika Anda naik jabatan atau pindah, pastikan Anda juga selalu update kolom ini.

Baca juga : Situs Lowongan Kerja Indonesia Yang Paling Terpercaya

3. Membuat Summary

Saat membuat summary yang baik, Anda bisa membayangkan sedang dalam sebuah percakapan dan hanya diberikan waktu satu menit untuk mendeskripsikan diri Anda. Apa yang bisa Anda paparkan tentang skill atau kemampuan Anda dalam durasi satu menit tersebut?

Abdul Muhajir on LinkedIn

Silahkan Anda buat ringkasan mengenai diri sendiri yang menjual. Maksudnya disini adalah menuliskan setidaknya tiga kemampuan atau pencapaian terbaik yang Anda miliki dalam dunia profesional. Silahkan jelaskan dengan rapi, menggunakan EYD dan tidak ada typo.

Intinya Anda membuat summary singkat dalam satu paragraf, Tidak perlu terlalu panjang lebar seperti biografi karena tentu saja akan membuat orang malas untuk membacanya. Jadi pastikan summary Anda singkat, mudah di mengerti, dan menarik.

4. Mengisi Kolom Experience/Pengalaman

Bagian penting lainnya selain headline adalah kolom experiences atau pengalaman. Pada bagian ini tulis pengalaman bekerja lengkap: mulai dari bulan dan tahun, nama perusahaan yang jelas, lokasi bekerja, title dan penjelasan singkat job description di kolom experience.

Pastikan tahun bekerjanya pas, karena LinkedIn akan secara otomatis ordered beradasarkan bulan dan tahun bekerjanya. Jadi pada kolom experience ini akan dimulai dari pekerjaan Anda saat ini lalu di urutkan ke tempat Anda bekerja sebelumnya.

5. Education & Certificate

Pada bagian ini silahkan lengkapi semua data data yang diperlukan seperti

  1. Universitas
  2. Gelar
  3. Bidang Studi
  4. Tahun Pendidikan
  5. Nilai
  6. Aktifitas Dan Kegiatan Sosial (Marching Band, Volleyball, dll)
  7. Deskripsi
  8. Tambahkan atau tautkan dokumen, foto, website, video, dan presentasi eksternal.

Tulis nama universitas, jurusan dan tahun kuliah di kolom education. Jika ada sertifikat tertentu yang relevan dengan jurusan kuliah Anda dengan karir kerjaan, silahkan di masukan.

6. Location

Pada bagian yang satu ini, optional. Artinya boleh Anda isi boleh juga tidak, tapi saran saya silahkan di isi saja terlebih jika Anda sedang mencari pekerjaan yang dekat dengan tempat tinggal Anda.

Location ini penting bagi para recruiter atau perusahaan. Karena beberapa perusahaan lebih perduli dengan yang namanya work-life balance dan lebih mendahulukan karyawan yg domisilinya dekat dengan kantor. Alasannya untuk mengurangi karyawan yang datang/pulang terlambat.

7. Skills & Endorsements

Cara membuat profile LinkedIn terlihat lebih professional berikutnya adalah menambahkan Skills & Endorsements. Tambahkan semua skill atau kemampuan yang Anda miliki seperti Management, website building, social media marketing atau apapun kemampuan yang Anda miliki.

Masukan skill atau kemampuan yang paling Anda kuasai pada bagian Top Skills dan biarkan skill lainnya berada pada bagian other skill. Pastikan skill yang Anda miliki sesuai dengan minat Anda agar lebih besar peluangnya untuk di rekrut oleh perusahaan.

Baca juga : Kesalahan Menulis Surat Lamaran Kerja Yang Harus Dihindari

8. Interest

Kolom ini fungsinya untuk memperlihatkan ketertarikan Anda terhadap suatu perusahan atau group. Jadi lebih baik Anda follow page atau group perusahaan yang relevan dengan karir atau minat Anda. Karena terkadang recruiter dari perusahaan akan menggunakan kolom yang satu ini untuk mencari karyawan.

9. Lainnya

Membuat Profile LinkedIn Terlihat Lebih Professional lainnya adalah sebagai berikut

  1. Contact Info, Isi dengan alamat email Anda ataupun nomor handphone (optional), ini dimaksudkan agar lebih mudah untuk dihubungi. pastikan kontak yang Anda cantumkan itu Aktif. Sehingga jika ada seseorang ataupun perusahaan yang menghubungi Anda maka akan mendapatkan notifikasi.
  2. Ubah URL profil Anda, Ini dimaksudkan untuk menunjukkan identitas Anda. Caranya, klik bagian Privacy & Settings, lalu cari Edit Public Profile. Setelah itu, ubah URL pada bagian Your public profile URL. Contoh URL LinkedIn saya https://www.linkedin.com/in/abdulmuhajir/

10. Headline Untuk Fresh Graduate

Tips terakhir untuk membuat profile LinkedIn terlihat professional untuk fresh graduate adalah dengan menambahkan “Fresh Graduate Universitas …..(nama universitas) atau jika memiliki pengalaman magang pun bisa Anda input dengan “Intern at PT Blablabla”.

Conclusion

Saat ini banyak perusahaan membuka lowongan pekerjaan secara online dan LinkedIn akan sangat membantu Anda untuk menemukan pekerjaan dan membangun karir Anda. Jadi apakah ada alasan Anda belum memiliki akun LinkedIn saat ini? Jika tidak, langsung buat saja disini.

Itulah sedikit tips Membuat Profile LinkedIn Terlihat Lebih Professional semoga dapat bermanfaat dan jika Anda suka dengan artikel ini, silahkan dibagikan ke teman teman lainnya agar lebih banyak lagi orang yang tahu akan manfaat menggunakan LinkedIn.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *