Home » Tips Bisnis » Tips Membuat Website untuk Bisnis agar Promosi Lebih Efektif
Tutorial Website

Tips Membuat Website untuk Bisnis agar Promosi Lebih Efektif

Tips Membuat Website

Seiring perkembangan dunia digital, pebisnis mulai meninggalkan metode konvensional untuk promosi. Mereka lebih memilih membuat website atau sosmed, berikut tips untuk Anda!

Selain karena metode konvensional tidak bisa menjangkau banyak calon konsumen, biaya promosi juga terbilang tinggi. Misalnya saja harus menyewa slot iklan di TV, koran, atau sebagainya.

Sedangkan dengan media digital seperti website atau social media, promosi menjadi lebih efektif. Karena dengan media internet, jangkauan jadi tak terbatas.

BACA JUGA: 5 Alasan Mengapa Anda Perlu Memiliki Website

Dari segi biaya, promosi dengan media digital jauh lebih terjangkau dan bisa menargetkan konsumen yang kita inginkan. So, untuk Anda yang memiliki bisnis, wajib untuk go online sekarang.

Tips Membuat Website untuk Bisnis Kecil

Jika Anda ingin go online, salah satu media yang paling tepat adalah dengan membuat website. Dengan website, maka bisnis Anda bisa bekerja secara otomatis dan tanpa henti alias 24 jam dalam sehari.

Namun, sebelum memutuskan membuat website, sebaiknya Anda simak dulu tips dalam membuat website berikut ini:

1. Pilih Platform yang Tepat

Saat Anda memutuskan untuk membuat website, Anda harus tahu platform apa yang ingin Anda gunakan. Dari sekian banyak platform seperti Blogger, WordPress, Wix, dll, kami sarankan pakai WordPress.

WordPress adalah software open source yang dapat Anda gunakan untuk membangun berbagai macam jenis website. Umumnya WordPress banyak digunakan sebagai:

  1. Blogging
  2. Toko Online
  3. Company Profile
  4. Landing Page
  5. dll

Platform yang satu ini juga sangat ramah untuk pemula dan punya komunitas yang besar. Sehingga Anda tidak akan kesulitan dalam belajar WordPress karena banyak sekali panduannya di google.

Jika banyak yang bilang buat website itu rumit karena harus mengerti bahasa pemrograman, di WordPress tidak. Anda bisa membuat website tanpa coding .

2. Pemilihan Domain Bisnis

Setelah menentukan platform yang ingin digunakan. Anda perlu memilih domain yang sesuai dengan bisnis Anda. Domain adalah nama unik yang akan digunakan untuk mengakses website.

Extensi domain juga beragam seperti com, id, net, dan lain sebagainya. Contohnya domain kami adalah idblog.net maka namanya adalah idblog dan extensinya adalah net.

BACA JUGA: Cara Menentukan Nama Domain untuk Website Bisnis Anda

Dalam pemilihan domain juga tidak bisa asal, Anda harus mempertimbangkan banyak hal mulai dari unik, mudah di ingat, hingga branding bisnis Anda. Jika punya brand maka disarankan pakai nama brand Anda.

Agar mudah di ingat, pilihlah domain dengan jumlah karakter yang tidak terlalu panjang dan hindari menggunakan angka acak. Karena akan membingungkan sehingga akan sulit untuk di ingat.

3. Tips Membuat Website: Hosting yang Tepat

Setelah menentukan domain, ini bagian paling krusial yaitu pemilihan hosting. Anda harus berhati-hati untuk yang satu ini, karena ini adalah jantung dari website Anda nantinya.

Apabila jantung website mati, maka website juga akan mati; dan tidak bisa diakses. Ini sangat merugikan dan membuat nama bisnis kita menjadi jelek dimata konsumen.

BACA JUGA: Tips untuk Merawat Website agar Tetap Lancar dan Aman

Jangan terlalu tergiur dengan penawaran harga hosting yang murah, karena kualitasnya bisa saja sesuai harganya. Lebih baik membayar sedikit lebih banyak tapi website dan bisnis Anda tetap lancar.

Anda juga harus mempertimbangkan bagaimana customer service provider hosting tersebut melayani Anda. Pilihlah yang memiliki respon yang cepat, sopan dan ramah; dan team teknis yang handal.

4. Memiliki Logo Website

Logo adalah sebuah gambar atau sketsa yang melambangkan brand, bisnis, ataupun mengandung filosofi tertentu. Sangat penting karena menjadi penanda atau identitas untuk bisnis Anda.

Selain untuk membuat tampilan website menjadi lebih menarik, logo juga bermanfaat untuk menandakan bahwa ini bisnis Anda. Jika tidak pandai membuat logo, Anda bisa hire freelancer graphic designer.

Dalam pembuatan logo, Anda harus mempertimbangkan banyak hal agar logo Anda menjadi unik dan juga memiliki filosofi di dalamnya. Berikut beberapa tipsnya membuat logo:

  1. Original, buat logo yang unik dan belum dipakai orang lain.
  2. Legible, logo harus mudah dibaca diberbagai jenis ukuran.
  3. Simple, tak perlu logo yang rumit karena simple itu lebih mudah di pahami.
  4. Memorable. memberikan kemudahan untuk di ingat bahkan tak lekang zaman.
  5. Adaptable, mudah di aplikasikan ke berbagai media misalnya produk, dll.

5. Mulai Membuat Website dan Mengenal Seluk Beluknya

Apabila Anda sudah memenuhi berbagai hal diatas, Anda sudah bisa mulai membuat website Anda. Jika Anda tidak paham bagaimana cara memulainya, kami ada tips untuk Anda nih!

BACA JUGA: Tips Memulai Bisnis Fashion dengan Modal yang Kecil

Jika Anda sangat awam! Anda bisa meminta tolong pada support hosting Anda untuk dibantu installkan WordPress. Nah itulah mengapa Anda perlu CS dan support hosting yang handal.

Hanya dalam beberapa menit, website dengan nama bisnis Anda sudah bisa diakses. Sekarang waktunya Anda melakukan berbagai perubahan seperti theme, deskripsi, dan mengisi konten produk bisnis Anda.

Agar Anda bisa mengatas berbagai macam permasalahan website karena masih awam, Anda bisa belajar WordPress di Google. Jika ingin cepat, bisa hubungi CS untuk mendapatkan artikel tutorialnya.

Namun, kami sarankan untuk belajar sendiri di google, karena akan menambah ilmu Anda juga kedepannya dalam mengelola website.

Penutup

Itulah dia tadi beberapa tips membuat website untuk bisnis. So, apakah Anda sudah siap untuk memiliki website bisnis Anda sendiri? atau ada pertanyaan seputar website? silahkan komentar dibawah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *