TipsTrik

Tips Mencari Lowongan Kerja Dan Agar Lebih Mudah Diterima

Tips Mencari Lowongan Kerja – Halo Indonesian Blogger, Bekerja adalah fase sentral untuk kehidupan manusia terutama untuk mereka yang sudah dewasa. Namun sayangnya banyak para pekerja mengeluh karena lelah dengan apa yang mereka kerjakan.

Tips Mencari Lowongan Kerja

Kenapa anda tidak bersyukur, diluar sini masih banyak orang orang yang butuh lowongan pekerjaan untuk tempat mereka berkarir. Bekerja adalah fase dimana masa depan seseorang ditentukan, jika anda giat bekerja masa depan juga akan cerah, begitupun sebaliknya.

Baca Juga : Tips Mencari Pekerjaan yang Baik

Untuk anda yang baru mencari lowongan pekerjaan di perusahaan atau yang lainnya, Berikut ini Indonesian Blogger berikan sedikit tips mencari lowongan kerja yang semoga saja dapat membantu anda dalam proses untuk mencari lowongan dan applying jobs.

Tips Mencari Lowongan Kerja

1. Mencari Lowongan Kerja

Untuk mencari pekerjaan di era modern ini tidaklah begitu susah seperti yang kebanyakan orang bilang. Anda bisa cari pekerjaan secara online ataupun offline. Syaratnya anda harus teliti jenis pekerjaan apa yang anda cari. Pertimbangkan beberapa hal berikut ini;

  1. Sebelum mencari pekerjaan online, perhatikan peluang kerja apa yang ada disekitar wilayah anda.
  2. Keterampilan atau kualifikasi yang seperti apa yang dibutuhkan oleh perusahaan tersebut.
  3. Apakah pekerjaan itu cocok dengan kemampuan yang anda miliki

Jika hal diatas belum cocok dengan anda, barulah anda mencari pekerjaan secara online. Silahkan manfaatkan situs situs lowongan kerja yang banyak tersedia, cari jenis pekerjaan di perusahaan yang kualifikasinya sesuai dengan kemampuan anda.

2. Buat Atau perbaiki Resume Anda

Resume sebenarnya CV namun dengan format yang lebih ringkas, Sedangkan CV adalah dokumen yang berisikan deskripsi diri secara lebih rinci mengenai pengalaman kerja, bidang akademik dan data data lain. Semua tergantung perusahaan butuhnya yang mana.

Baca Juga : Mengapa Susah Mencari Lowongan Di Negeri Sendiri

Menulis Resume ataupun CV adalah wajib untuk memberitahukan kepada HRD atau atasan tentang apa yang dapat anda lakukan dalam suatu pekerjaan. Resume sangat menentukan apakah nantinya anda akan dipanggil untuk melakukan proses interview atau tidak.

Buatlah CV atau resume yang baik dengan desain yang menarik dan juga berisi semua data seperti nama, email, foto, pengalaman kerja dan lain sebagainya. Dengan desain yang menarik tentu akan membuat HRD atau atasan tersebut tertarik untuk melihat resume anda.

3. Check Profile Social Media Anda

Tips Mencari Lowongan Kerja berikutnya adalah profile medsos anda. Karena bisa saja HRD suatu perusahaan akan melihat dan mengamati aktivitas calon karyawannya di media sosial. Prilaku anda dimedia social akan menggambarkan kepribadian anda diluar CV yang dibuat.

Mereka akan menilai anda dari kegiatan anda dimedia social, apakah kepribadian anda cocok atau tidak sebagai calon karyawan ataupun budaya kerja yang mereka terapkan. Selain itu kemampuan anda berkomunikasi juga jadi penilaian.

Jadi sebaiknya sebelum posting sesuatu dimedia social, pastikan itu menguntungkan untuk anda dan tidak merugikan untuk orang lain. Jangan menyebarkan hoax di media social anda, jangan berkata kata kasar dan yang penting jagalah prilaku anda di media social.

4. Siapkan Diri Untuk Interview

Tips Mencari Lowongan Kerja selanjutnya adalah proses wawancara/interview akan menentukan bagaimana reputasimu dan mereka akan evaluasi apakah anda akan cocok dengan kualifikasi karyawan yang mereka mau, Siapkan semua yang sekiranya dibutuhkan.

Selain mental, jawaban untuk pertanyaan, anda juga harus siapkan dokumen atau alat tulis yang dibutuhkan. Saat interview jadilah dirimu sendiri dan tahu apa jawaban yang di inginkan oleh perusahaan. Jawab pertanyaan dengan singkat, padat, jelas dan tidak terkesan angkuh.

Baca Juga : Karakter Generasi Milenial Saat Berkarir

Hindari menjawab pertanyaan kenapa ingin bekerja disini dengan “Saya Butuh Pekerjaan Pak”, tapi cobalah jawab dengan “Bagaimana saya bisa membantu perusahaan Bapak/Ibu dengan skill yang saya punya?” atau “Ada yang bisa saya bantu untuk perusahaan Bapak dan Ibu?”

Setelah wawancara selesai, ucapkan kata yang menarik selain hanya “Terima Kasih” yang sudah terkesan mainstream. Percaya diri saja seperti memang sudah pasti diterima kerja misalnya “Terima kasih pak, saya tidak akan mengecewakan bapak jika merekrut saya.

5. Percaya Diri

Saat mencari pekerjaan seringkali kita tidak percaya diri dengan kemampuan yang kita miliki sehingga pikiran seperti ” Ahh kayaknya aku tidak akan diterima di perusahaan itu” atau “Aaah kayaknya aku tidak bisa mengerjakan pekerjaan itu” dan lain lain.

Dengan pikiran seperti itu anda akan kesulitan untuk mencari kerja, karena anda sendiri tidak yakin dengan kemampuan yang anda miliki. Jadi Tips Mencari Lowongan Kerja adalah percaya kepada diri anda sendiri bahwa anda bisa, pasti tuhan akan membantu.

6. Mendapatkan Pekerjaan

Jika anda telah mendapatkan pekerjaan impian anda, itu artinya Tips Mencari Lowongan Kerja ini telah berhasil. Selanjutnya adalah bersyukur dan mengucapkan selamat pada diri anda sendiri, karena sebagian besar pencari lowongan kerja belum tentu seberuntung anda.

Fokuslah pada pekerjaan yang anda jalankan, anda juga harus tahu bagaimana tahapan jenjang karir yang ingin anda capai. Gunakan itu untuk memotivasi anda dalam bekerja, You get what you work for. Saya ingatkan lagi jangan lupa bersyukur.

Conclusion

Tidak perduli seberapa keras anda mencoba, kemungkinan tidak diterima tetap saja ada. Namun anda harus tetap semangat jangan sekali kali berkata pada diri anda “Saya Tidak Bisa” itu sama saja anda membohongi diri anda sendiri.

Believe in yourself even when no one eles does. If someone tells you that you can’t do it, prove them wrong. Demikian sedikit Tips Mencari Lowongan Kerja ini semoga dapat membantu teman teman yang sedang mencari lowongan pekerjaan, Tetap semangat.

Tags

Abdul Muhajir

I am a Blogger and Internet Marketer who wants to learn, grow and share some knowledge and my experience about Blogging and Internet Marketing to help other Creative Individuals find their passion and share it to the world.
Close
Close