Home » Strategi Bisnis » Tips Mengembangkan Bisnis Otomotif di Era Digital
Tips Bisnis

Tips Mengembangkan Bisnis Otomotif di Era Digital

Tips Mengembangkan Bisnis Otomotif

Tips Mengembangkan Bisnis Otomotif – Peluang usaha dibidang otomatif memang tidak ada matinya, karena selalu dibutuhkan orang setiap harinya. Hal ini menjadikannya salah satu bisnis yang paling diminati.

Dengan modal yang cukup besar, tentu Anda tidak ingin mengalami yang namanya kerugian. Untuk itu, Anda harus bisa mengembangkan bisnis Anda terlebih lagi di era digital seperti saat ini.

BACA JUGA: Media Sosial yang Efektif untuk Mengembangkan Bisnis

Tips Mengembangkan Bisnis Otomotif di Era Digital

Ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk mulai mengembangkan bisnis otomotif Anda, yaitu sebagai berikut

1. Pemilihan Nama yang Tepat

Setiap bisnis tentu wajib untuk memiliki nama, karena ini akan menjadi salah satu yang menjadi pengenal Anda dengan pelanggan Anda. Untuk itu nama haruslah dipikirkan dengan sangat matang.

Nama ini akan menjadi brand dan pengingat untuk orang-orang diluar sana. Anggap saja teman Anda bertanya “Kamu service mobil dimana?” pasti akan dijawab “Astra” misalnya.

BACA JUGA: Tips Memulai Bisnis yang Sukses untuk Pemula

Dengan nama yang unik, simple, dan mudah di ingat menjadi salah satu tips dalam pemilihan nama untuk sebuah bisnis. Namun, akan lebih bagus lagi jika ada manka atau arti dibalik nama tersebut.

2. Bangun Relasi dengan Komunitas

Salah satu strategi marketing yang ampuh adalah comunity marketing. Itu adalah sebuah strategi yang memanfaatkan komunitas sebagai target market mereka.

Mengingat bahwa masyarakat kita suka dengan komunitas, kumpul, dan hang out bersama, khususnya para bikers di Indonesia. Anda bisa menjalin kerja sama dengan mereka.

BACA JUGA: Bisnis Online vs Offline, Mana yang Lebih Menguntungkan?

Dengan begitu, Anda tidak perlu pusing-pusing menunggu pelanggan karena anggota dari komunitaslah yang akan datang ke tempat Anda untuk melakukan services dan segala macamnya.

3. Manfaatkan Medsos untuk Mengembangkan Bisnis Otomotif

Dengan perkembangan media sosial di Indonesia, tentu akan sangat mudah dan efektif jika Anda berada di dalamnya. Anda bisa menjangkau lebih banyak pelanggan baru.

Untuk promosi di media sosial juga bisa dimulai dari yang gratis hingga berbayar yang tentu saja biayanya sangat terjangkau, bahkan bisa mulai dari Rp 50.000 saja.

BACA JUGA: Manfaat Social Media Marketing untuk Bisnis Online

Namun, Anda juga bisa membangun akun media sosial Anda sendiri tanpa biaya dengan rutin melakukan update konten-konten yang bermanfaat dan pastinya dengan tema otomotif.

Misalnya membagikan tips merawat kendaran, cara ganti oli, dan lain sebagainya. Dengan begitu, Anda bisa dengan mudah menjaring followers dan sekaligus menjadi tempat promosi gratis.

4. Mengembangkan Bisnis Otomotif dengan Iklan yang Unik

Jika Anda tidak rutin membuat konten, Anda bisa beriklan seperti yang sudah disebutkan diatas. Namun, iklan tidak bisa dilakukan secara asal karena Anda butuh iklan yang unik.

BACA JUGA: Strategi Promosi agar Penjualan Meningkat

Iklan yang unik akan meningkatkan rasa penasaran orang-orang diluar sana, sehingga mereka akan menonton iklan Anda sampai dengan selesai. Anda bisa hire graphic designer untuk yang satu ini.

Baca juga:

Apabila Anda mampu membuatnya sendiri, tentu akan ada nilai lebih karena Anda tidak perlu mengeluarkan uang lagi untuk bayar orang untuk membuat iklan Anda.

5. Endorse Influencer Otomotif

Anda juga bisa bekerja sama dengan mereka-mereka yang memiliki jumlah pengikut yang banyak di media sosial. Namun, pilihlah yang memiliki hobi otomotif juga.

Hal ini di karenankan, pengikut mereka juga suka otomotif sehingga ketika melihat iklan Anda tentu mereka akan menjadi penasaran dan melihat akun Anda. Akhirannya bisa jadi followers ataupun pembeli setia Anda.

BACA JUGA: Elemen Penting Social Media Marketing

Selain influencer, Anda juga bisa endorse di akun-akun yang membagikan seputar otomotif. Biayanya juga cenderung lebih terjangkau ketimbang artis-artis atau influencer besar.

Penutup

Itulah dia beberapa tips dalam mengembangkan bisnis otomotif yang dapat Anda terapkan untuk bisnis Anda. Jika artikel ini bermanfaat, silahkan di share agar lebih banyak lagi yang mengetahuinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *