BloggerTipsTrik

Tips Mengembangkan Blog Agar Sukses Walaupun Sedang Bekerja

Tips Mengembangkan Blog – Halo Indonesian Blogger, Untuk membuat sebuah blog adalah sebuah perkara yang sangat mudah untuk dilakukan. Anda hanya perlu mencari di google cara membuat blog maka akan tampil jutaan artikel yang akan memandu anda melakukannya.

Tips Mengembangkan Blog Agar Sukses walaupun kuliah

Tapi untuk mengembangkan blog tersebut bukanlah perkara yang mudah untuk dilakukan, terlebih lagi jika anda adalah seseorang yang bekerja ataupun sedang menempuh pendidikan. Tentunya anda tidak akan punya banyak waktu untuk mengurus blog anda.

Anda yang sedang mengalami dilema ini akan berkata “iya nih susah banget” pernyataan itu memang benar adanya. Alasannya ya karena anda tidak memiliki waktu yang banyak untuk mengelola blog, selepas kerja anda sudah lelah dan butuh istirahat jadi tidak ada waktu untuk blogging.

Baca : 5 Mindset Ngeblog Dari Blogger Sukses

Namun susah bukan berarti tidak bisa dong? Maka dari itu anda tidak boleh ragu dengan diri anda sendiri. Percaya saja pasti anda bisa kok untuk melakukannya, dan semoga tulisan tentang Tips Mengembangkan Blog walaupun sedang bekerja ini dapat membantu anda.

Tips Mengembangkan Blog Walau Bekerja

1. Fokus

Tips Mengembangkan Blog yang pertama adalah anda harus FOKUS ketika sedang melakukan kegiatan blogging. Anda berbeda dengan seorang full time blogger yang memiliki banyak waktu untuk mengelola blog mereka kapan saja mereka mau.

Semisal seorang full time blogger memiliki 8 jam dalam sehari untuk mengelola blog, maka anda harus memangkasnya menjadi 4 jam untuk melakukan semua aktifitas yang dilakukan oleh full time blogger. Aktifitas yang saya maksud seperti menulis, promosi, blogwalking dan lain lain.

Baca : Kunci Penting Management Waktu Agar Lebih Produktif

Mungkin sekarang anda bertanya, bagaimana saya bisa memangkas waktu sebanyak itu untuk melakukan semuanya? Ada sebuah metode yang dikembangkan oleh Fancesco Cirillo pada akhir 80an, metode tersebut bernama Pomodoro Technique, apa itu?

Pomodoro Technique adalah sebuah metode manajemen waktu, teknik ini menggunakan timer untuk memecah pekerjaan menjadi beberapa interval, secara tradisional panjangnya 25 menit, dipisahkan oleh istirahat pendek. Berikut ini langkah untuk melakukan teknik pomodoro;

  1. Tentukan tugas yang akan dikerjakan, contohnya menulis.
  2. Set timer pomodoro ( 25 menit )
  3. Kerjakan tugas semampu anda sebelum timer berbunyi.
  4. Istirahat 3/4/5 menit setelah timer berbunyi
  5. Ulangi teknik pomodoro 4 kali, setelah itu beri jeda istirahat yang panjang 15-30 menit.

Keep pushing and stay focused. The hard work will pay off

Follow @abdulmuhajir

2. Morning Routine

Bangun pagi adalah saat yang sulit bagi sebagian orang, mungkin anda termasuk salah satunya? Tapi dari sekian banyak orang sukses didunia ini selalu memiliki rutinitas pagi mereka sendiri. Karena diwaktu pagi Anda memiliki waktu terbaik di mana tidak ada gangguan.

Baca : Faktor Yang Mempengaruhi Kesuksesan Dan Kegagalan Bisnis Anda

Pasti anda pernah merasakan malas saat pagi hari karena harus kembali ke rutinitas kerja yang menurut anda membosankan. Dengan sikap seperti itu akan membuat kinerja anda setiap harinya ya begitu begitu saja tidak ada yang spesial atau terkesan tidak produktif.

Dalam islam sendiri, salah satu keutamaan bangun pagi adalah terhindari dari rasa malas. Kenapa bisa? karena saat subuh kita sudah melaksanakan sholat yang dimana itu membuat kesehatan jasmani dan rohani kita naik dan membuat tubuh menjadi bugar.

Mungkin hari ini anda sudah terbiasa bangun pagi, tapi tidak melakukan apa apa kecuali bermain dengan gadget atau melihat jadwal pekerjaan apa saja yang harus anda kerjakan hari ini. Percaya deh itu bukan sesuatu hal yang akan membawa anda untuk mencapai sukses.

Lalu bagaimana untuk membuat rutinitas pagi agar bisa produktif? Silahkan coba hal hal berikut ini :

  1. Atur alarm di jam yang sama, Biasakan tubuh anda untuk mulai beraktivitas dijam yang sama setiap harinya termasuk weekend.
  2. Manfaatkan waktu tanpa gangguan, manfaatkan 1-2 jam waktu pagi anda untuk menyelesaikan banyak hal. Dan jangan lupakan ibadah yang hanya beberapa menit saja, sholat subuh berapa lama sih?
  3. Buat list hari ini, setelah mengerjakan beberapa tugas anda bisa manfaatkan waktu yang tersisa untuk membuat resolusi anda hari ini. Hal itu akan sangat membantu anda untuk mengorganisir hal-hal yang ingin anda penuhi pada hari itu.

3. Pilih Satu Jalan Untuk Menghasilkan

Tips Mengembangkan Blog berikutnya, ingat anda adalah seorang part time bukan full time blogger. Jadi anda harus bisa mengatur pilihan mana yang akan anda pilih untuk menghasilkan uang dari blogging. Anda tidak boleh serakah, bagi bagi lapak dong dengan yang lain.

Cukup pilih satu model bisnis yang akan anda jalanlan. Seperti anda memilih untuk mendapatkan penghasilan dari afiliasi, menjual produk anda, atau yang paling simple adalah dengan mendapatkan uang dari google adsense atau program periklanan lainnya.

Baca : Cara Membuat Travel Blog Dan Menghasilkan Uang LENGKAP

Setelah anda memilih jenis atau model bisnis yang seperti apa nih yang akan anda jalankan, selanjutnya anda tinggal fokus ke strategi seperti apa yang akan membantu anda untuk mengembangkannya agar bisa sukses. Intinya fokus ke salah satu saja sih agar bisa lebih produktif.

4. Perbaiki Diri

Emanuel James Rohn seorang entrepreneur, author, dan motivational speaker pernah berkata bahwa pertumbuhan bisnis anda tidak akan melebihi pertumbuhan pribadi anda. Ya bisa kita artikan kalo lu gak mau berubah ya hidup lu susah terus.

Anggaplah Blogging adalah bisnis atau investasi, dimana setiap bisnis membutuhkan waktu, tenaga, dan pikiran yang baik. Anda akan sulit untuk membangun bisnis yang sukses jika diri anda sendiri tidak ingin memperbaiki diri.

Buanglah kebiasan kebiasan muruk yang akan mengganggu produktivitas anda dan gantikan atau tambahkan dengan kebiasaan yang lebih baik. Salah satu kebiasaan buruk yang dapat anda hindari adalah dengan mengurangi aktifitas posting yang tidak berguna di media sosial.

5. Percaya Anda Bisa Melakukannya

Tips Mengembangkan Blog walau sedang bekerja terakhir adalah percaya bahwa anda bisa melakukannya. Mungkin orang lain atau bahkan diri anda sendiri ragu bahwa anda mampu untuk melakukannya karena ada banyak kendala yang anda alami saat menjalankannya.

Baca : Tips Sukses Menjalankan Blog Tahun Ini

Memang Tips Mengembangkan Blog ini sulit untuk percobaan pertama, tapi lama lama anda pasti akan terbiasa untuk melakukan semua hal yang dianggap sulit tersebut. Tanamkan dalam diri bahwa anda dapat mengatasi semua masalah yang ada dalam perkembangan blog anda.

Ingat “Blogging Itu Investasi” jadi pilihannya ada pada diri anda sendiri, anda mau kehilangan investasi itu atau ingin belajar mengembangkannya. saya teringat sebuah kutipan tentang “belajar” yang pernah saya baca, tapi saya lupa baca dimana, isinya seperti ini

If you’re not willing to learn, no one can help you. If you’re determined to learn, no one can stop you.

Jika Anda tidak mau belajar, tidak ada yang dapat membantu Anda. Jika Anda bertekad untuk belajar, tidak ada yang bisa menghentikan Anda.

Memang kita tidak bisa untuk menentukan hasil dari Tips Mengembangkan Blog Walau Bekerja ini akan efektif atau tidak, tapi tugas kita adalah melakukan yang terbaik sebisa mungkin. Setelah kita memberikan yang terbaik, maka balasannya akan terbaik pula.

Saya rasa hanya itu yang dapat saya bagikan seputar tips mengembangkan blog walau sedang dalam status bekerja atau kuliah. Semoga dapat bermanfaat dan jika terdapat kesalahan dalam artikel ini mohon di koreksi, terima kasih.

Tags

Abdul Muhajir

I am a Blogger and Internet Marketer who wants to learn, grow and share some knowledge and my experience about Blogging and Internet Marketing to help other Creative Individuals find their passion and share it to the world.
Close
Close