Tips Menghemat Uang Bulanan Untuk Seorang Mahasiswa

Tips Menghemat Uang Bulanan – Halo Indonesian Blogger, Sepertinya bukan sebuah rahasia lagi deh kalau mahasiswa akan hidup merana di akhir bulan. Tapi itu hanya berlaku bagi orang yang tidak pandai mengatur keuangannya, kamu bisa gak ?

Sepertinya mahasiswa itu harus berfikir keras dalam mengatur keuangan, karena banyak yang harus dibayar. Contohnya bayar kuliah, fotocopy, makan, dan juga untuk membayar uang kost tiap bulannya. Wah banyak juga ya yang harus dipikirkan !!!

Dengan banyaknya masalahmu, Kamu juga harus mengetahui bagaimana nih pemecahan masalah tersebut. Utamanya adalah bagaiamana nih menyelesaikan masalah keuangan yang bikin perut kelaparan di akhir bulan dan berakhir dengan berhutang.

Jika dulu saat dirumah orang tua, makannya enak, gak perlu mikirin mau makan apa hari ini, gak perlu pusing dengan uang kost dan lain lain. Sekarang waktunya kamu memikirkan semua itu, karena kamu makan dari uang yang orang tuamu berikan.

Jika kamu masih menggunakan pola lamamu dalam mengatur keuangan saat jauh dari orang tua, bisa jadi uangmu habis sebelum akhir bulan. Wah kalau pertengahan bulan sudah habis, pasti kepala sakit tuh karena jarang makan makanan bergizi.

Maka dari itu kamu harus pandai dan teliti dalam mengatur keuanganmu, salah satunya adalah tidak menjadi orang yang boros. Dengan begitu kamu tetap bisa makan makanan yang bergizi di akhir bulan dan keperluan kuliahmu tetap terpenuhi.

Nah kali ini Indonesian Blogger akan bagikan sedikit Tips Menghemat Uang Bulanan yang bisa kamu terapkan pada dirimu. Jangan malas menerapkannya ya guys kalau gak mau kelaparan di akhir bulan. Okelah simak beberapa tips untuk berhemat berikut ini;

Tips Menghemat Uang Bulanan Mahasiswa

1. Mengatur Anggaran Keuangan

Saat kamu sudah jadi mahasiswa dan jauh dari orang tua, jajan tidak bisa seenaknya karena mau minta uang sama siapa ? Orang tuamu kan jauh ? Gak kasian sama orang tuamu ? Makanya kamu perlu banget deh untuk bisa mengatur anggaran keuangan kamu sendiri.

Baca Juga : Tips Dan Trik Manajemen Waktu Untuk Menulis

Buatlah susunan anggaran kamu diakhir bulan, agar saat sudah awal bulan kamu bisa langsung menerapkannya. Sebaiknya kamu buat daftar apa saja yang perlu kamu keluarkan untuk bulan ini, agar kamu bisa mengatur uangmu bisa sampai di akhir bulan berikutnya.

Utamakan kebutuhan pokokmu terlebih dahulu ya guys, jadi bisa hidup santai sampai akhir bulan. Jangan habiskan semua uangmu ya, simpan sedikit sebagai dana cadangan untuk beberapa keperluan yang mendesak ataupun hal hal yang tak terduga.

2. Manfaatkan Status Mahasiswamu

Manfaatkan gimana maksudnya sih ? Sudah tau belum keuntungan dari status kamu sebagai mahasiswa ? Jika belum nih saya kasih tau ya; dengan status mahasiswa kamu bisa mendapatkan potongan harga di berbagai tempat seperti toko, rumah makan cepat saji, bahkan di cafe loh.

Nah potongan khusus bagi mahasiswa ini bisa kamu manfaatkan sebagai Tips Menghemat Uang Bulanan kamu. Jadi jangan lupa bawa kartu mahasiswa kamu ya guys. Oh iya untuk urusan ini, kamu harus jeli ya untuk melihat promo promo yang sedang tersedia.

3. Manfaatkan Waktu Kosong

Sebagai mahasiswa kamu gak boleh malas ya, daripada waktu kosong kamu dihabiskan dikamar kost dengan tidur tiduran,nongkrong atau main game online lebih baik cari uang tambahan. Tidak mesti hari hari kuliah kok, kamu bisa bekerja saat libur juga.

Baca Juga : Skill Wajib Seorang Freelancer Yang Harus Kamu Miliki

Tapi kan susah cari kerja, Ah itusih kamu saja yang malas. Kamu bisa kok bekerja part time menjadi seorang freelancer, contohnya menjadi penulis lepas, ojek online, atau menjadi seorang buzzer juga bisa, terserah kamu saja pasti kamu tau kok kan mahasiswa.

4. Pinjam Atau Beli Buku Bekas

Tips Menghemat Uang Bulanan berikutnya adalah soal buku nih. Mahasiswa pasti butuh banyak buku dong, tapi masalahnya terkadang ada buku yang hanya dipakai satu semester saja dan ada juga yang bisa dipakai untuk beberapa semester kedepan.

Untuk buku yang dipakai satu semester, lebih baik kamu pinjam saja buku teman atau bisa juga untuk memfotocopy nya agar tidak merepotkan temanmu. Untuk buku yang bisa dipakai beberapa semester kamu bisa pinjam dari senior kamu juga kok.

Makanya perbanyak teman dikampus, bukan hanya teman satu angkatan tapi juga ke senior agar kita bisa meminjam bukunya nanti hahaha. Namun jika buku yang kamu butuhkan tidak ada, kamu bisa membelinya saja, tapi belilah yang bekas agar lebih murah.

5. Jangan Ikuti Pergaulan Yang Boros

Pergaulan yang boros disini adalah lapar mata, nongkrong mulu tiap hari, kuota sebulan dipakai satu minggu dan banyak lagi lainnya. Semakin sering kamu jalan jalan, maka matamu semakin sering melihat barang barang yang menarik perhatianmu, baju contohnya.

Wah baju kan gak murah ya, kalau kamu lapar mata bisa bisa kamu makan angin diakhir bulan. Sering nongkrong dicafe bareng temen juga bisa membuat budget kamu cepat terkuras. Nah untuk hal kuota nih, sebaiknya kurang kurangin scroll di media sosial deh.

Baca Juga : Mengubah Hobi Sebagai Bisnis Untuk Menghasilkan Uang

6. Lakukan Sendiri Jika Bisa

Bagi anak kostan sebaiknya bisa melakukan banyak hal sendiri, contohnya bisa kamu lihat pada diri ibu kamu. Bisa masak sendiri jadi gak perlu beli makanan diluar, bisa nyuci bacu sendiri agar bisa memangkas pengeluaran kamu setiap bulannya.

Terkesan “loundry baju berapa sih murah kok” iya memang tidak mahal tapi sering kan sama saja boros juga namanya. Jika memang ingin memangkas pengeluaran maka perlu usaha sedikit untuk melakukan semuanya sendiri.

7. Gunakan kendaraan Umum

Buat kamu yang menggunakan kendaraan pribadi saat pergi kuliah, coba deh bandingkan dengan menggunakan kendaran umum. Jika kamu menggunakan kendaran pribadi tentunya harus beli bensin dan kadang bayar parkir artinya kamu mengeluarkan uang untuk itu.

Tapi jika kamu pakai kendaraan umum, kamu bisa lebih hemat. Kenapa ? Karena kamu bisa mendapatkan potongan harga dengan “Status Mahasiswa” yang kamu miliki. Coba bandingkan mana yang lebih bisa menjadi Tips Menghemat Uang Bulanan kamu.

Nah itulah dia sedikit Tips Menghemat Uang Bulanan yang bisa kamu terapkan, agar kamu tidak kehabisan uang dipertengahan bulan. Coba terapkan deh, jika kamu sudah terbiasa dengan ini maka insyaallah kamu tidak akan kelaparan diakhir bulan.

Jika artikel ini bermanfaat silahkan kamu share ke teman teman mahasiswa kamu agar mereka juga bisa menerapkan Tips Menghemat Uang Bulanan ini. Oh iya untuk kisah mahasiswa lainnya kamu bisa ke blog kawan saya di Diary Mahasiswa ya, makasih.

Share Article
Tags: