Tips Meningkatkan Penghasilan Channel Youtube Yang Di Monetize
Menu Close

Tips Meningkatkan Penghasilan Channel Youtube Yang Di Monetize

Tips Meningkatkan Penghasilan Channel Youtube – Halo Indonesian Blogger, banyak cara untuk menghasilkan uang di YouTube mulai dari jualan barang, afiliasi, nyari endorse-an atau dengan cara mencari sponsor yang ingin produknya di review di channel Anda.

Tips Meningkatkan Penghasilan Channel Youtube

Namun demikian, AdSense adalah cara termudah karena merupakan program dari YouTube sendiri yang dapat langsung Anda akses di dashbord creator studio channel youtube Anda. Tapi bagi sebagian youtuber, mendapatkan gaji yang lumayan dari youtube itu sedikit susah.

Tapi semoga dengan tips meningkatkan penghasilan youtube yang akan saya bahas disini dapat Anda terapkan dan bermanfaat untuk bisa membantu menaikan jumlah penghasilan adsense youtube channel Anda.

Baca juga: Penyebab Gagal Menjadi Youtuber Yang Harus Dihindari

Sebelumnya saya ingin mengingatkan bahwa apapun bisa terjadi pada channel youtube Anda. Seperti perihal masalah monetisasi iklan yang dihentikan dan AdSense di-suspen adalah risiko terburuk yang dapat menimpa channel Anda.

Untuk channel yang sudah di-monetize harus tetap hati-hati jangan mentang-mentang sudah disetujui, lantas tidak memperhatikan lagi aturan main dari youtube. Oke langsung saja, kita masuk pada pembahasa Tips Meningkatkan Penghasilan Channel Youtube dibawah ini;

Tips Meningkatkan Penghasilan Channel Youtube

1. Menemukan Video Yang Populer

Tips menambah penghasilan iklan di YouTube yang pertama adalah datangkan viewer untuk video yang paling banyak menghasilkan. Silahkan Anda cek terlebih dahulu video mana yang paling banyak menghasilkan pada channel Anda.

Setelah Anda menemukan video yang paling banyak menghasilkan, selanjutnya silahkan di booster video tersebut dengan membagikannya ke media social Anda seperti Facebook, Instagram, twitter, website, dan lain sebagainya.

Atau manfaatkan tab komunitas, story, yang ada di aplikasi YouTube. Intinya sebarkan video tadi dan datangkan lebih banyak traffic ke video tersebut karena sudah jelas video itu yang paling banyak menghasilkan. Maka dari itu sekalian di push saja viewernya.

Jadi catat 5 video yang paling menghasilkan dan mulai sebarkan ke media social seperti yang saya sebutkan diatas tadi. Tidak masalah baik itu video lama atau baru karena sudah jelas terbukti banyak peminatnya.

Baca juga: Solusi Penolakan Channel Youtube Untuk Monetize

2. Membuat Konten Yang Mirip

Iklan di YouTube itu sebenarnya tidak mirip dengan di blog, jika di blog iklan yang ditampilkan google sebisa mungkin relevan dengan kontennya. Sedangkan di youtube berdasarkan kata kunci, jenis video, demografi penontonnya, dan sebagainya.

Hal tersebut juga jadi penentu harga sebuah iklan pada setiap video Anda. Jadi jangan salah, iklan di setiap video, disetiap channel, bahkan di setiap topik, nilainya beda-beda. Kalau kita bikin konten yang mirip, tentunya akan mendekati penilaian iklan yang serupa pula.

Saya anggap Anda sudah menemukan 5 video yang paling menghasilkan pada channel Anda, jadi Anda sekarang hanya perlu membuat konten yang selaras dalam artian punya konsep yang sama. Diharapkan nantinya iklan yang masuk akan punya nilai yang tinggi.

3. Menghindari Penggunaan Kata Yang Kasar

Jangan ngomong jorok, sumpah serapah, dan sebagainya YouTube karena youtube bisa mendeteksi hal tersebut. Dan dari pihak advertiser juga super rewel mereka tidak mau iklan mereka ditampilkan di tempat yang membahayakan brand mereka.

Itu urusannya sudah dengan merek, Jika Anda sering sumpah serapah di YouTube, bisa jadi iklan jarang tampil atau kalau tampil pun nilainya kecil. Jadi walaupun banyak viewer, hasilnya tidak seberapa ini adalah fakta dan kita tidak bisa bantah hal ini.

Jika Anda hanya ingin gaya-gayaan dan nge-toxic di videomu, jangan bingung kalau nanti penghasilannya kecil karena iklan yang masuk juga minim. Efek yang lebih dari sekedar iklan jarang tampil adalah Adsense youtube Anda akan berwarna kuning.

Jumlah viewer itu tidak sama dengan jumlah iklan, makanya jangan heran banyak video yang viewernya jutaan, tapi kalah penghasilannya sama video yang hanya ditonton oleh puluhan ribu saja. Banyak kok youtuber sukses tanpa ngomong kasar kasar.

4. Membuat Video Dengan Durasi Panjang

Tips Meningkatkan Penghasilan Channel Youtube berikutnya, Anda bisa membuat video yang durasinya panjang. Video yang durasinya lebih dari 10 menit itu kan bisa kita pasang iklan lebih banyak. Tapi dengan catatan jangan asal sebar iklan.

Baca juga: Video Editor Android Untuk Youtuber Pemula GRATIS

Karena jika terlalu banyak memasukan iklan pada video, nanti membuat kesal dan tidak nyaman untuk ditonton. Anda bisa buat video menjadi beberapa segmen dan meletakan iklan disitu. Ya kurang lebih seperti iklan komersial yang ada di TV.

Penempatan iklannya bisa tiap 10 menit untuk video yang durasinya sangat panjang (30-40 menit), setiap 5 menit untuk video dengan durasi di bawah 15 menit atau 3 menit sekali untuk video yang memiliki durasi singkat yaitu 10 menit.

Saran saya, cukup 3 iklan saja untuk video berdurasi 10 menit, sedangkan untuk video yang berdurasi hingga 30 menit, bisa pasang 4 iklan. Jika Anda bisa meletakkan iklan yang sesuai dengan isi video, penonton juga tidak akan merasa terganggu.

5. Booster Video BPS Tinggi

Jika point yang pertama tadi bantu tambahan traffic untuk video yang penghasilannya tinggi, Anda juga bisa lakukan hal yang sama untuk yang nilai BPS-nya tinggi. Silahkan Anda lihat data iklannya dan temukan video yang nilai BPS-nya paling tinggi.

Setelah Anda menemukannya silahkan dibantu boost lagi seperti nomor 2, yaitu buat konten yang mirip. Namun disini bukan video yang banyak menghasilkan tapi video yang nilai BPS-nya paling tinggi. Ya memang sama saja dengan nomor 2.

Nilai BPS itu adalah biaya per-seribu tayang, semakin tinggi tentunya akan semakin bagus. Yang jadi masalah disini adalah terkadang video dengan BPS tinggi justru tidak ramai ditonton orang sehingga penghasilannya juga tidak maksimal.

Agar Tips Meningkatkan Penghasilan Channel Youtube point ke 5 ini dapat lebih maksimal, Anda bisa menerapkan juga point yang pertama yaitu di share ke media social untuk mendatangkan lebih banyak lagi viewer.

Conclusion

Untuk memiliki penghasilan yang maksimal di youtube juga harus dibarengi dengan kerja keras dan kerja cerdasnya. Jika Hanya kerja keras tapi tidak belajar optimasi video yang baik itu bagaimana, kemungkinan besar hasilnya tidak terlalu maksimal.

Oke saya rasa hanya itu saja yang dapat saya bagikan seputar Tips Meningkatkan Penghasilan Channel Youtube, semoga dapat bermanfaat dan jika terdapat kekurangan dan kesalahan silahkan di koreksi pada kolom komentar, terima kasih.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *