Tips Menjadi Youtuber Gaming Yang Sukses

Tips Menjadi Youtuber Gaming Yang Sukses – Halo Indonesian Blogger, kali ini akan saya coba bahas sebenarnya gimana sih bikin channel gaming yang sukses itu? Apapun jenis channel kalian, saya akan berusaha keras memberikan informasi, tips dan strategi agar kalian bisa sukses dan berhasil menjadi youtuber.

Saya sudah sering ngobrol-ngobrol dan dapat banyak pertanyaan dari orang orang atau YouTuber yang bikin channel gaming, mas bagi Tips Menjadi Youtuber Gaming dong. Jadi saya jawab di artikel ini saja ya, tidak semua tapi semoga bermanfaat.

Saya akan coba rangkum saja di sini semoga bisa memberikan pencerahan, oke sebelum lebih jauh sebenarnya seperti apakah YouTuber gaming itu? banyak yang bilang channel gaming mah cetek, gak perlu susah-susah bikin konten, tinggal record screen doang upload apa susahnya.

Namun pada kenyataannya, YouTuber gaming itu tidak semudah itu. Anda adalah seorang ahli yang bisa memberikan solusi dan memecahkan masalah. Anda adalah orang yang biasanya punya tekad baja untuk bisa naikin level, Anda juga pandai mengamati pola dan punya kemampuan fokus yang baik.

Anda juga punya dedikasi dan skill yang tinggi untuk tiap game yang dimainin, benar kan? kalau kalian mau sukses di YouTube, jadilah dulu gamer seperti yang saya bilang tadi, karena itu adalah kunci Tips Menjadi Youtuber Gaming biasanya karena jago mainin gamenya.

Baca Juga : Peralatan Untuk Menjadi Youtuber Pemula

Anda tidak perlu harus selalu juara, tapi harus paham benar tentang seluk-beluk game yang dimainin. Contohnya Jess No Limit, walaupun ia tidak terlalu sering menjuarai turnamen tapi ia memiliki jumlah subscriber yang jutaan. Kenapa? karena jago. Nah berikut ini Tips Menjadi Youtuber Gaming Yang Sukses:

Tips Menjadi Youtuber Gaming Yang Sukses

1. Membangun Karakter

Anda harus punya yang namanya karakter, ini yang harus Anda bangun terlebih dulu. Tidak akan ada yang tertarik jika Anda hanya record game, menambahkan musik lalu di upload. Ini adalah hal yang sangat-sangat penting di YouTube. Anda tidak percaya?

Coba Anda ketik YouTuber gaming yang Anda tahu, terserah mau dalam atau luar negeri. Coba perhatikan yang Anda tulis itu pasti mereka yang punya karakter dan ciri khas masing-masing, betul?. Sekarang, bandingin dengan channel Anda, gimana, kebayang ya?

Karaktermu adalah personamu, itulah Tips Menjadi Youtuber Gaming Yang Sukses. Hal ini sangat penting, karena ada jutaan manusia lain yang juga main game yang sama. Anda akan digemari kalau personamu saat main game juga bagus.

Jadi menurut saya, akting, gaya bicara serta bagaimana Anda membangun keseruan adalah hal yang paling memegang peranan penting. Maka dari itu, coba Anda bikin karakter sendiri yang unik sesuaikan dengan kepribadian Anda. Semisal mau yang lawak, mau yang bacot, mau yang serius dan lain lain.

Baca juga : Cara Buat Intro Youtube Di Android Tanpa Watermark

2. Menganalisa Respon Penonton

Setelah Anda membuat video dengan karakter diri Anda. Disini Anda harus bisa amati bagaimana penonton merespon video, retensi penontonnya gimana? Untuk Tips Menjadi Youtuber Gaming Yang Sukses, Anda harus mencari bagian seperti apa dari video yang paling menarik perhatian.

Jika Anda bisa temukan itu, tinggal perbaiki, buang yang tidak menarik, pertahankan yang penonton suka. Terus terang ini memang bukan hal yang gampang, tapi mau tidak mau Anda harus bisa. Tidak perlu terlalu pusing dengan algoritma dan keyword terlebih dahulu.

Lakukan semampunya dulu kalau masalah itu, tapi coba bikin dulu video yang bisa disimak orang. Yang penting retensi penontonnya bagus, Kalau retensi penonton cuma menitan, itu kurang. jadi salah satu Tips Menjadi Youtuber Gaming adalah retensi penontonnya.

3. Thumbnail Penarik Viewer

Besarnya viewer ini disebabkan oleh kualitas thumbnailnya. Silahkan Anda lakukan uji coba, ternyata kalau thumbnailnya dibikin begini, CTR nya tinggi. Kalau dibikin begitu, CTRnya anjlok. Jika Anda bisa mengamati hal ini dan menemukan thumbnail yang bisa bikin nilai CTRnya tinggi akan berimbas ke yang lainnya.

Seperti contohnya berpengaruh ke nilai rekomendasi ataupun penelusuran akan naik tajam. Jika Anda sudah terbiasa mengamati dan melihat pola yang terjadi pada channel Anda, berarti skill analisa Anda sudah mulai naik levelnya Jangan lupa juga untuk amati, video mana yang paling banyak mendatangkan subscriber.

Amati juga video mana saja yang paling banyak dapat viewer. Amati dan cari tahu sebabnya apakah karena topiknya, apakah karena thumbnailnya atau karena karakter Anda dalam video tersebut. Anda harus bisa temukan penyebabnya kenapa video Anda bisa ramai viewer.

Baca juga : Cara Membuat Thumbnail Youtube Dengan Mudah

Jika sudah menemukan polanya, tinggal ulang-ulang terus dan bisa dipastikan channel Anda akan makin ramai karena Anda sudah tahu persis video seperti apa yang bisa menarik penonton. Konten channel gaming itu sedikit berbeda dengan channel lain, ada faktor teknis, artnya, strateginya, dan hiburannya juga.

Catatan Tambahan

Belum lagi harus ada karakter seperti yang saya bilang tadi. Itulah mengapa Anda harus bisa deteksi dan identifikasi bagian mana sebenarnya yang paling menarik dari channel yang Anda buat? apa karena skill yang mumpuni, apa karena cara mainnya yang berbeda, atau apa karena Anda berbagi tips bermain.

Jika Anda tidak dapat menemukan karakter Anda, bisa jadi Anda salah mengartikan penonton Anda. Semisal Anda membangun karakter kocak di video Anda, padahal penonton lebih suka dengan teknik atau bagaimana Anda bisa memenangkan pertandingan dalam game.

Jadi untuk konten gaming youtube, pendekatan dan cara kerja yang bisa dilakukan untuk bisa diperhatikan oleh YouTube adalah saat kamu upload video, YouTube akan mulai menyebarkan video ke topik yang relevan. Anda bisa mulai dapat viewer karena thumbnail dan judulnya yang menarik.

Satu hal yang paling menentukan adalah seberapa lama orang nonton video Anda. Anda bisa me-nomor duakan keyword, karena saya yakin kata kunci di gaming itu sangat sempit tapi hal itu bisa Anda atasi dengan cara bikin video yang bisa lama ditonton.

Jika hal itu bisa Anda dilakukan, efek domino akan terjadi. YouTube akan catat siapa yang nonton, dari mana, kesukaannya apa, yang disubscribe channel apa, demografinya gimana? itu akan jadi data utama YouTube saat merekomendasikan video Anda.

Penutup :

Itulah sedikit Tips Menjadi Youtuber Gaming Yang Sukses, semoga tips ini dapat bermanfaat untuk teman teman yang ingin membuat atau bikin channel youtube gaming. Jika ada kesalahan silahkan dikoreksi dan jika Anda suka dengan artikel ini, silahkan di share agar lebih banyak youtuber gaming yang sukses di Indonesia.

Disqus Comments Loading...

This website uses cookies.