Tips Menjadi Youtuber Sukses Hasilkan Puluhan Juta

Tips Menjadi Youtuber Sukses – Halo Indonesian Blogger, Saya Abdul Muhajir. Jika orang zaman old bilang untuk menjadi seorang yang kaya raya hanya butuh kerja keras. Namun berbeda sedikit pada zaman now dimana kreatifitas dan kerja keras menjadi satu.

Tips Menjadi Youtuber Sukses

Tidak ada yang salah dengan pepatah itu, memang benar untuk menjadi kaya raya butuh kerja keras. Tapi jika sudah kerja keras tidak ada kemajuan, itu artinya kita butuh sedikit improvisasi. Yaitu menjadi lebih kreatif dan kerja dengan lebih cerdas.

Bukan berarti dengan menjadi seorang youtuber anda tidak butuh kerja keras loh. Untuk membuat sebuah konten youtube, tetap saja anda butuh kerja keras. Karena untuk menjadi kreatif itu tidak mudah, jadi jangan salah mengartikan ya.

Bedanya disini anda tidak bekerja seperti hal nya orang kebiasaan, yang sehari 8 jam dikantor. Melainkan anda bekerja untuk membuat suatu konten video yang informatif dengan cara yang kreatif. Baiklah berikut ini Tips Menjadi Youtuber Sukses

Tips Menjadi Youtuber Sukses

1. Memiliki Video

Hal yang pertama adalah anda harus memiliki sebuah video yang akan ditonton oleh orang lain. Untuk membuat sebuah video, anda bisa memulai dengan menggunakan smartphone anda saat ini. Jangan banyak tanya langsung buat saja.

Baca : Peralatan Menjadi Youtuber Pemula Yang Murah Meriah

Untuk editing seagala macam, anda bisa menggunakan laptop dengan software editing gratisan. Jika tidak punya laptop ya kembali lagi pakai smartphone anda, di playstore sangat banyak sekali aplikasi editing yang tidak kalah keren.

Yang terpenting adalah apakah anda percaya diri untuk tampil didepan kamera. Tapi aku pemalu gimana dong, rata rata manusia juga begitu bro, jadi biasakan saja. Semakin sering anda merekam diri anda maka semakin terbiasa anda bercakap didepan kamera.

Baca : Tips Cara Mendapatkan Banyak Viewer Video Youtube

2. Audience/Penonton

Berikutnya adalah apakah video anda memiliki audience atau penonton? Karena sebagus apapun video anda, jika tidak ada yang menontonnya ya percuma saja. Penghasilan anda di youtube akan begitu begitu saja. Tapi saya baru memulai, gimana ?

Yang harus anda lakukan adalah menentukan tipe audience atau penonton yang seperti apa yang ingin anda targetkan. Pada dasarnya orang memiliki ketertarikan minat sendiri sendiri, tapi ada 2 tujuan kenapa orang menonton youtube

  1. Entertaintment yaitu orang orang yang mencari hiburan
  2. Education yaitu orang yang mencari sebuah informasi ( Pelajaran, berita, dll )

Jadi anda ingin menargetkan yang mana ? Orang yang butuh hiburan atau orang yang butuh informasi ? Anda bisa memilih salah satu diantaranya. Tapi jika anda bisa menggabungkan keduanya, itu bisa lebih baik lagi. Semua tergantu anda saja.

3. Subscriber

Subscriber adalah orang orang yang berlangganan dengan channel anda, artinya mereka akan mendapatkan notifikasi di email atau aplikasi youtube mereka jika anda mengupload video baru. Ibaratkan media sosial, mereka adalah follower anda.

Baca : Pentingnya Subscriber Untuk Channel Youtube

Subscriber menjadi pendukung penting untuk membangun channel anda menjadi besar dan dikenal. Semakin banyak jumlah subscriber dari sebuah channel maka semakin dikenal pula oleh orang banyak dan tentu saja eksistensi.

Bagaimana membangun subscriber yang baik ?

A. Memiliki Video Yang Berkualitas/Menarik/Informatif

Untuk mendatangkan subscriber baru setiap harinya, Butuh sesuatu yang akan menarik calon audience. Buat apa mereka subscribe ke channel yang tidak mereka sukai, buat apa subscribe ke channel yang tidak memiliki video sama sekali? Paham ya?

B. Buat Video Yang Orang Butuhkan

Tambahan untuk point A (pertama), Perhatikan analytic video yang anda miliki dan lihat mana video yang paling disukai oleh audience anda. Dari hasil analisis tersebut maka silahkan anda buat konten yang seperti apa yang mereka mau.

Dalam dunia youtube, 5-15 detik pertama adalah waktu waktu krusial dimana audience menentukan akan lanjut nonton atau pindah ke video lain. Jadi dalam waktu krusial tersebut, buatlah video yang jelas dan membuat audience paham apa yang mereka tonton.

C. Optimasi Thumbnail

Terkadang youtuber malas untuk membuat sebuah thumbnail, padahal thumbnail adalah bagian vital. Kenapa ? Karena youtube adalah media visual, jadi orang lebih cenderung melihat gambar thumbnailnya terlebih dahulu sebelum membaca judul.

Untuk membuat sebuah thumbnail juga sangat gampang kok, tidak perlu pandai editing. Bagaimana membuat sebuah thumbnail juga sudah pernah saya bahas pada artikel artikel saya sebelumnya. yang belum baca silahkan baca dibawah ini :

Baca : Cara Membuat Thumbnail Youtube Dengan Mudah

D. Jangan Membeli Subscriber

Tips Menjadi Youtuber Sukses berikutnya adalah Jangan pernah menggunakan cara curang untuk memanipulasi jumlah subscriber channel anda, Karena hal itu akan berdampak tidak baik pada kesehatan dari channel anda sendiri.

Bagunlah subscriber anda dari bawah dengan cara share ke orang orang terdekat seperti keluarga, teman, pacar dan lain lain. Bagikan juga di media sosial yang anda miliki, tapi jangan pernah melakukan spaming di media sosial. Konsisten adalah cara terbaik menaikan subscriber.

4. Optimasi Tampilan Channel

Edit tampilan muka channel anda agar lebih menarik dan juga untuk mempresentasikan channel anda. Buatlah sebuah deskripsi untuk menjelaskan secara singkat tentang seperti apa channel anda, apa yang anda bagikan dan lain sebagainya.

Tambahkan foto atau logo dan juga berikan background/channel art untuk mempercantik channel anda. Selain itu anda juga bisa menambahkan link pada dasbord channel yang bisa anda arahkan ke tombol subscribe, media sosial anda atau blog anda.

Baca : Cara Memulai Dan Mengembangkan Channel Youtube Dari Nol

5. Pahami Algoritma Youtube

Sistem algoritma youtube atau biasa disebut dengan search and discovery system adalah sebuah algoritma yang menentukan video mana yang akan ditampilkan ketika orang melakukan pencarian, video mana yang akan masuk trending, video mana yang akan masuk home dan lain sebagainya.

Tips Menjadi Youtuber Sukses adalah engagement. Untuk meningkatkan engagement, seperti halnya jumlah views, durasi tonton, komentar, rasio like dan dislike dan juga jumlah share. Semua menentukan bagaimana youtube menentukan posisi untuk video anda.

Dan untuk mendapatkan engagement yang baik tentu saja harus dibarengi dengan video yang berbobot dan informatif. Selain itu cara cara seperti clickbait juga saya rasa biasa saja, asalkan tidak melenceng jauh dari isi video anda.

Baiklah itu dia sedikit Tips Menjadi Youtuber Sukses semoga dapat membantu teman teman sekalian. Untuk sukses tidak semudah anda membaca artikel ini, jadi tetap semangat dan kerja keras terus ya brother and sister. Dengarkan feedback dari penonton anda.

Ambil feedback yang baik, dan acuhkan omongan yang menjatuhkan anda. Karena kebiasaan netizen Indonesia anda tahu sendiri lah, nyiyiran tanpa ada habisnya padahal prestasi dia sendiri belum ada terlintas di pikirannya. Jadi tetap semangat dan bagikan Tips Menjadi Youtuber Sukses ini, Sekian dan terima kasih.

Share Article
Tags: