Tips Sukses Menjalankan Blog Tahun Ini yang Perlu Anda Ketahui

Tips Sukses Menjalankan Blog – Membuat blog adalah salah satu hal yang tidak sulit untuk dilakukan. Menjalankan sebuah blog saat ini cukup menjanjikan, baik untuk keuntungan pribadi anda ataupun keperluan pemasaran bisnis anda.

Tips Sukses Menjalankan Blog

Anda semua yang mungkin sudah lama menjalankan sebuah blog mungkin mengetahui bahwa untuk mendapatkan hasil dari sebuah blog memerlukan berbagai proses, dan waktu yang tidak singkat. Diperlukan konsistensi dan trik-trik tersendiri agar blog anda dapat menjadi website yang terpercaya.

Baca : Cara Lengkap Membuat Travel Blog Dan Mulai Menghasilkan

Anda semua yang mungkin sudah lama menjalankan sebuah blog mungkin mengetahui bahwa untuk mendapatkan hasil dari sebuah blog memerlukan berbagai proses, dan waktu yang tidak singkat. Diperlukan konsistensi dan trik-trik tersendiri agar blog anda dapat menjadi website yang terpercaya.

Membuat konten blog yang menarik tidak cukup untuk membuat blog anda berhasil. Masih banyak hal yang harus anda lakukan untuk meningkatkan kinerja blog anda. Terlebih lagi, anda juga harus selalu update dengan berbagai peraturan yang diterapkan Google untuk blog dan konten sebagai penyedia jasa mesin pencari utama.

Setiap tahunnya, terdapat banyak perubahan pada peraturan dan cara yang sudah tidak lagi sama dengan tahun sebelumnya. Cara-cara yang berhasil anda lakukan untuk blog anda dahulu mungkin saja tidak lagi berhasil dilakukan saat ini.

Maka dari itu, hari ini kita ulas sedikit tentang tips sukses menjalankan blog anda tahun ini. Apabila anda ingin blog anda tetap efektif, simak penjelasan dibawah ini.

Tips Sukses Menjalankan Blog Tahun Ini

Tentukan Tujuan Blog Anda

Apabila anda membuat blog dengan tujuan pemasaran atau marketing, mak anda harus dengan jelas menentukan tujuan dari apa yang anda lakukan. Anda harus membayangkan siapa pembaca yang paling tepat untuk bisnis anda.

Apabila anda menargetkan pembaca anda adalah orang-orang yang berminat tentang bisnis, maka buatlah niche blog anda pada bisnis. Apabila anda membuat blog untuk bisnis website jasa desain anda, maka buatlah blog yang berkaitan dengan tutorial dan desain tertentu.

Contohnya seperti cara membuat desain kartu nama, poster, atau currriculum vitae. Hal ini mungkin biasa dilakukan sejak dahulu, namun tahun ini anda harus benar-benar menyesuaikan semua konten anda dengan tujuan akhir yang anda inginkan.

Baca : 5 Mindset Sukses Dari Para Profesional Blogger Indonesia

Perbarui Sistem Blog Anda

Awal tahun dapat menjadi waktu yang tepat untuk anda membetulkan atau mengupgrade segala sistem yang ada pada blog anda. Karena dalam satu tahun, terdapat banyak perubahan yang terjadi. Maka dari itu anda harus menyisikan waktu untuk membetulkan dan mengupdate segala sistem yang diperlukan di blog anda.

Misalnya, anda harus memperhatikan app atau tools apa saja yang sedang anda pakai dan pastikan bahwa tools tersebut sudah terupdate. Atau apabila ada tool terbaru yang dapat mempermudah kinerja teknis blog anda, pastikan anda sudah memperbaruinya.

Perhatikan Perubahan pada Sistem SEO

SEO atau Search Engine Optimization jelas adalah tujuan utama anda dalam menjalankan sebuah blog. Namun anda perlu mengetahui, karena anda berbisnis dengan Google dalam perihal SEO, maka anda perlu mengikuti segala aturan dari Google.

Sistem SEO sudah berevolusi dari tahun ke tahun, dahulu ketika belum banyak konten di internet, mungkin sudah cukup bagi anda mendapatkan ranking pada website anda dengan menyebarkan keyword target anda. Beberapa tahun terakhir ini, SEO tidak cukup hanya dilakukan dengan cara tersebut.

Google mengetahui bahwa sudah terdapat banyak konten dan mereka banyak melakukan perubahan algoritma. Di tahun 2018, banyak faktor yang berkontribusi pada perubahan SEO. Contohnya, konten video yang tahun ini menjadi konten pertama yang muncul di SERPs (Search Engine Results Pages).

Perubahan tersebut dibuat oleh Google karena saat ini, berdasarkan data, para pengguna lebih memilih konten dalam bentuk video dibandingkan tulisan.

Baca : Manfaat SEO Untuk Meningkatkan Omset Bisnis

Salah satu yang harus anda persiapkan misalnya adalah sistem voice search. Adanya perangkat seperti Google Home dan Amazon Echo membuat sistem voice search meningkat dari sisi pengguna. Diprediksikan pada tahun 2020, sistem voice search akan meningkat sebesar 50%.

Buat Blog Anda Mobile-Friendly

Saat ini, Google juga lebih memprioritaskan konten yang ramah untuk perangkat mobile seperti smartphone. Maka dari itu perlu anda pertimbangkan untuk memberikan konten yang cocok diakses di perangkat mobile.

Anda juga dapat membuat konten pada blog anda lebih ringan, mempertimbangkan kebanyakan dari orang akan mencari konten yang ringan untuk diakses di smartphone mereka. Buat konten yang cocok untuk para komuter, atau bersantai setelah bekerja. Buat sesuatu yang kreatif juga untuk menarik perhatian para pembaca.

Buat Konten untuk Jangka Panjang

Saat ini, sangat sulit mendapatkan perhatian para pembaca secara online. Namun dengan membuat konten yang panjang akan membawa keuntungan untuk blog anda. Konten yang panjang akan terlihat lebih terpercaya, meyakinkan dan akan mendapatkan peringkat yang lebih bagus di Google dibandingkan konten yang pendek.

Tips Sukses Menjalankan Blog berikutnya, Anda dapat mencoba membuat konten dengan 2500-5000 kata. Lakukan dengan perlahan dan berkala, seperti dua minggu atau satu bulan sekali. Artikel dengan konten yang padat dan panjang akan diakses lebih banyak.

Apabila anda sedang memikirkan bagaimana membuat blog anda lebih efektif lagi di tahun ini, maka anda dapat mencoba Tips Sukses Menjalankan Blog diatas.