Menu Close

Tutorial Cara Membuat Blog Lengkap Dari Awal Hingga Selesai

Tutorial Cara Membuat Blog – Halo Indonesian Blogger, sebelum saya mulai memandu Anda untuk membuat blog dari awal hingga bisa menghasilkan ada baiknya saya perkenalkan diri saya terlebih dahulu.

Tutorial Cara Membuat Blog

Perkenalkan nama saya adalah Abdul Muhajir, seorang blogger biasa yang sudah bekecimpung didunia blogging sejak 2012 hingga saat ini.

Dalam panduan ini, saya akan menunjukkan kepada Anda panduan lengkap tentang cara membuat blog Anda sendiri, apa yang diperlukan untuk membuat blog, cara membuat konten untuk blog Anda, dan akhirnya, bagaimana Anda dapat menghasilkan uang dengan blog tersebut.

Tutorial Cara Membuat Blog Lengkap

Ini akan memandu Anda untuk membuat blog secara sederhana, cepat dan mudah dipahami, bahkan bagi mereka yang tidak terbiasa dengan blog, menulis dan banyak lagi. Berikut ini beberapa langkah sederhana untuk diikuti.

  • Pilih platform yang tepat, pemilihan platform adalah cara agar Anda dapat membuat blog, konten, dan membuat tampilan blog yang cantik.
  • Menyiapkan Domain, ini digunakan untuk mengakses blog dan konten yang ada pada blog Anda. contoh domain (.com, .net, dan lain lain).
  • Hosting, jika Anda memilih menggunakan wordpress maka Anda butuh hosting untuk menyimpan semua data blog Anda agar bisa diakses diseluruh dunia.
  • Membuat Artikel atau Konten
  • Menambahkan Blog Di Search Console
  • Menghasilkan Uang

Panduan Lengkap Cara Membuat Blog

1. Pilih Platform yang Tepat

Tutorial Cara Membuat Blog, hal pertama yang perlu Anda pilih adalah platform yang akan Anda gunakan. Ada dua opsi yang sangat direkomendasikan untuk seseorang yang baru ingin memulai, yaitu WordPress.org dan Blogger.com.

Jika Anda ingin bertarung serius dengan blog Anda, saya sarankan Anda menggunakan WordPress.org sebagai platform. Sebenarnya, Anda harus membayar akomodasi dan sewa hosting, tetapi sekali lagi, jika Anda ingin serius, Anda harus berani berinvestasi.

Tetapi jika Anda masih bingung untuk memutuskan platform mana yang akan digunakan, baca ulasan ini “Tips untuk memilih platform blogging yang tepat” yang telah saya jelaskan secara mendetail dan saya harap dapat membantu Anda menyelesaikan keraguan Anda.

Kenapa Harus WordPress.org?

Alasannya sederhana, karena WordPress adalah platform blogging terbaik dibandingkan dengan blog Platrom dan kreasi situs web lainnya seperti Blogger, Wix, Tumblr, dll.

Pengguna WordPress di seluruh dunia berjumlah jutaan, yang artinya akan sangat mudah untuk menemukan tutorial dan panduan di WordPress online. Tentu saja, ini sangat berguna bagi Anda, di samping itu, Anda seorang pemula yang butuh banyak bacaan seputar itu.

Fitur lain dari WordPress adalah ia menawarkan ratusan ribu tema siap pakai secara gratis. Jika Anda ingin membuat toko online, membuat blog, membuat portal berita atau lainnya, tema yang Anda butuhkan ada di WordPress.

Baca juga: Tutorial Menjadi Fashion Blogger yang Menghasilkan

2. Menentukan Nama Domain

Domain adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi alamat (IP address) server komputer seperti web server atau email server di internet. Dengan menggunakan domain artinya blog Anda dapat ditemukan di internet.

Domainnya beragam, ada yang .com, .net, .org, dan lainnya. Misalnya, domain blog ini adalah idblog.net (yang berarti menggunakan domain .net), maka domain blog Indonesian Blogger adalah idblog.net (yang berarti menggunakan domain .net).

Tarif sewa domain juga sangat murah, hanya berkisar seratus ribuan/tahun, jadi tidak ada alasan Anda tidak memiliki domain. Beberapa penyedia domain yang direkomendasikan adalah idwebhost.com dan niagahoster.

Karena kedua penyedia layanan domain dan hosting ini memiliki harga yang sangat terjangkau dan dengan jumlah pilihan domain yang beragam. Selain itu support mereka siap melayani dan membantu Anda dalam pengaturan atau setting domain Anda.

Saya menyewa domain saya (idblogschool.com dan idblog.net) dari idwebhost.com dan sejak 2014 saya telah menggunakan layanan mereka. Sejauh ini tidak ada masalah dengan itu.

Bagaimana Cara Memilih Nama Domain?

Itu mungkin tergantung pada Anda memilih domain, tetapi saya akan memberi tahu Anda bagaimana memilih nama domain yang tepat untuk Anda gunakan. Berikut ini beberapa kiat untuk memilih atau menentukan domain.

  • Cari nama domain pendek dan sederhana.
  • Sejauh mungkin, hindari nama domain menggunakan angka dan tanda hubung.
  • Pilih nama yang mudah dieja dan diingat.
  • Jangan gunakan nama merek dagang atau hak cipta.
  • Gunakan kata kunci yang relevan (opsional)
  • Gunakan ekstensi .com, .net, org.

Beberapa dari Anda mungkin berpikir bahwa mengapa Anda tidak dapat menggunakan angka dan tanda hubung, saya hanya memberikan satu alasan.

Pada poin ketiga di atas, saya menyebutkan bahwa mudah diingat, jika Anda memasukkan angka atau tanda hubung, apakah mereka akan mudah mengingatnya?.

3. Mempersiapkan Hosting untuk Blog Anda

Tutorial Cara Membuat Blog berikutnya setelah Anda memiliki nama domain yang sudah Anda beli tadi adalah Anda harus memilih provider hosting untuk menyimpan semua data situs atau blog Anda. Data data seperti content, theme, plugin, dan lain lain akan disimpan disini.

Saya akan jujur jujur saja disini, kalau hostingnya buruk ya buruk kalau bagus ya saya akan bilang bagus. Saya membuat Panduan Lengkap Cara Membuat Blog ini bukan untuk membodohi Anda untuk kepentingan pribadi saya.

Baca juga: Tips Sukses Blogging Sambil Bekerja

Sebelum saya berikan rekomendasi pribadi saya, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum memilih hosting sebelum Anda menyesal dan gagal, yaitu sebagai berikut;

  • Jangan terlalu percaya sama harga murah.
  • Lihat fitur yang diberikan
  • Bagaimana supportnya bagus atau tidak
  • Harganya sesuai budget Anda atau tidak
  • Jangan terlalu terpaku dengan testimoni di web providernya

Semua informasi diatas dapat Anda temukan dari Internet, grup blogger, atau forum forum lainnya. Searching saja di google seputar rekam jejak provider hosting tersebut apakah memang client mereka puas atau tidak. Jadi jangan malu bertanya sebelum Anda sesat dijalan.

Maka dari itu saya tegaskan sekali lagi saya tidak akan membohongi Anda untuk soal Panduan Lengkap Cara Membuat Blog dan pemilihan hosting. Karena hosting inilah yang akan mempengaruhi bagaimana situs atau blog Anda bekerja nantinya.

Rekomendasi Hosting dari Saya:

Nah, hosting yang saya rekomendasikan di bawah ini adalah hosting lokal atau Indonesia. Saya mengerti Anda masih baru di dunia blogging, saya kira itu tidak pantas untuk Anda jika saya merekomendasikan penyedia hosting luar.

Karena saya tidak ingin mengganggu Anda untuk beberapa hal, seperti masalah pembayaran yang harus Anda gunakan dengan kartu kredit atau PayPal Anda dan juga kesulitan berbicara dalam Bahasa Inggris. Jadi saya merekomendasikan versi hosting lokal terbaik dari Indonesian Blogger.

1. Niagahoster

Niagahoster adalah salah satu penyedia hosting lokal terbaik menurut saya, sehingga menempati peringkat pertama. Karena sudah banyak yang menyimpan situs atau blog mereka di penyedia hosting ini.

Niagahoster sendiri sangat mendukung UKM dan pelanggan pemula. Hosting yang disediakan sangat andal, terlepas dari kenyataan bahwa paket akomodasi tersedia dengan harga terjangkau, Harga mulai dari Rp. 8000 (untuk promo).

Berikut ini keunggulan dari Niagahoster:

  • Data Center Tier-4
  • Server Uptime 99,9%
  • Disk Space & Bandwidth Unlimited
  • Gratis Domain & SSL Selamanya
  • Garansi Uang Kembali 30 hari
2. Gapurahoster

Gapurahoster adalah salah satu layanan web hosting di Indonesia dengan harga hosting yang terjangkau, metode pembayaran yang mudah, dan tim dukungan teknis berpengalaman yang siap membantu memecahkan masalah teknis dengan layanan hosting.

Ada 3 jenis paket yang tersedia di Gapurahoster yaitu paket starter, medium dan juga bisnis. Berikut ini adalah harga yang ditawarkan:

  • Starter – Rp 8.300/Bulan
  • Medium – Rp 18.750/Bulan
  • Bisnis – Rp 45.833/Bulan

Pemilihan paket hosting bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan. Jika ingin membuat online shop atau situs bisnis Anda, maka paket bisnis Rp 45.833/bulan sangat cocok untuk Anda. Namun jika Anda hanya ingin blogging maka paket medium sudah sangat cukup.

Untuk saat ini kedua provider hosting tersebut yang bisa saya sarankan untuk Anda. Namun tidak menutup kemungkinan saya akan berikan tambahan dan juga penghapusan rekomendasi diatas.

4. Mulai Install WordPress di Hosting

Setelah memilih platform, domain dan hosting. Kemudian, Anda harus menginstal WordPress ke hosting yang sebelumnya sudah Anda sewa. Bingung bagaimana cara menginstalnya? Jangan khawatir Tutorial Cara Membuat Blog ini akan membantu Anda.

Saya tidak akan menulis cara menginstal WordPress di artikel ini, tetapi saya akan memberi Anda cara untuk menginstal WordPress Anda secara otomatis di server Anda hanya dengan mengetikkan kata per kata. Caranya adalah dengan menghubungi dukungan penyedia hosting melalui live chat yang tersedia.

Baca juga: Tutorial Cara Membuat Travel Blog yang Sukses

Setelah terhubung, mintalah bantuan untuk menginstal WordPress di server Anda. Dalam beberapa menit mereka akan menyelesaikan situs atau blog Anda, jika demikian, blog Anda telah online dan siap untuk digunakan.

Cara Masuk ke WordPress

Setelah instalasi WordPress selesai, coba periksa email Anda. Biasanya, akan ada email berisi informasi untuk masuk ke panel WordPress Anda. Untuk mengakses formulir login WordPress Anda, tambahkan wp-admin atau wp-login di belakang URL situs Anda.

Sebagai contoh:

https://www.domain.com/wp-admin
https://www.domain.com/wp-login

5. Merubah Theme, Menambah Post, Widget dll.

Sampai disini, Anda telah sukses menerapkan Tutorial Cara Membuat Blog.

Setelah Anda masuk ke WordPress, selanjutnya adalah mengkonfigurasi tampilan blog Anda. Contohnya seperti theme, menu, widget, dll. Karena dalam WordPress ini mudah untuk melakukan segalanya, jadi saya jelaskan secara sederhana.

Untuk mengubah tema WordPress: Masuk ke WordPress> Penampilan> Tema> Tambah Baru (setelah menemukan tema yang benar, cukup klik Instal)

Tambahkan Menu: Log in WordPress> Penampilan> Menu> Cukup seret-dan-lepas.

Tambahkan widget: Masuk ke WordPress> Appearance> Widgets

Buat posting: Masuk WordPress> Terbitkan> Tambah Baru> Siap Tulis

Penutup

Itulah dia Tutorial Cara Membuat Blog Lengkap, pembahasan ini belum tuntas, akan saya bahas pada kesempatan selanjutnya.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *