Tutorial Cara Membuat Website Sendiri Gratis Dan Mudah

Tutorial Cara Membuat Website Sendiri Gratis Dan Mudah – Halo Indonesian Blogger, dulu saya pernah membuat ulasan bagaimana membuat blog self hosted gratis tapi karena hosting gratisnya sudah tidak ada maka saya buatkan cara baru membuat website sendiri.

Sebenarnya ini juga masih cara lama dan memang sudah banyak yang mengetahui, tapi gak ada salahnya saya ulas lagi pada artikel kali ini. Karena ada beberapa pelaku online shop di instagram saya yang bertanya bagaimana membuat gratis tapi budget sangat terbatas.

Baca : Cara Buat Blog Self hosted Gratisan

Maka dari itu saya buatkan Tutorial Cara Membuat Website Sendiri Gratis Dan Mudah semoga bisa membantu teman teman yang punya online shop di instagram untuk mempunya website sendiri. Tapi saya sarankan untuk anda yang ingin serius lebih baik memiliki domain dan hosting sendiri sih.

Tutorial Cara Membuat Website Sendiri Gratis Dan Mudah

1. Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah menuju website https://id.000webhost.com/website-builder ini adalah website yang dimiliki oleh hostinger untuk mencoba hosting yang mereka tawarkan secara gratis.

Karena ini gratisan, sudah pasti space dan fiturnya juga ada batasannya. Tidak seperti jika anda menyewa hosting yang berbayar. Oke, setelah membuka websitenya silahkan anda mendaftar dengan memasukan email, password dan juga nama website.

2. Langkah kedua, silahkan masuk ke email dan klik link konfirmasi yang dikirimkan ke email yang didaftarkan tadi agar anda dapat mengelola website nya. Setelah anda melakukan konfirmasi, maka otomatis anda diarahkan ke dashbord.

Silahkan anda klik buat website atau build website, nanti anda akan diarahkan untuk mengintsall websitenya, seperti dibawah ini. Ada 2 pilihan, silahkan pilih yang nomor 1 jika anda tidak ingin repot dengan coding, cukup pilih template yang anda suka, lihat gambar dibawah ini.

Tutorial Cara Membuat Website Sendiri Gratis Dan Mudah

3. Langkah ketiga, setelah anda memilih tema yang anda gunakan, silahkan tunggu beberapa saat sampai proses pembuatan website anda selesai. Jika sudah, anda hanya perlu edit tampilan dengan sangat mudah, hanya perlu klik bagian yang ingin di edit,drag and drop ( Jika Pilih Nomor1 ).

Baca : Cara Buat Blog Di Blogger Mudah Dan Gratis

Tutorial Cara Membuat Website Sendiri Gratis Dengan WordPress

Tutorial berikutnya jika anda ingin menggunakan cms wordpress. Sama hal nya seperti langkah langkah diatas, anda hanya perlu klik Install wordpress. Setelah anda klik “Install WordPress” maka akan muncul pop up yang memerintahkan anda untuk mengisi data.

Silahkan anda isi admin username dengan username yang akan digunakan untuk login, begitu pun dengan admin password silahkan diisi. Jika proses install selesai, silahkan login ke wordpress anda dengan cara menambahkan wp-admin dibelakang url website anda.

Contohnya saya ingin login ke situs percobaan saya, hanya dengan mengakses https://percobaanhajir.000webhostapp.com/wp-admin nanti akan diarahkan ke form login seperti dibawah ini. Login lah dengan username dan password yang sudah dibuat tadi.

Tutorial Cara Membuat Website Sendiri Gratis Dan Mudah

Jika sudah login, anda akan diarahkan ke dashbord wordpress anda. Beginilah tampilan dashbord wordpress anda, Silahkan anda pelajari dan gunakan fiturnya. Karena wordpress juga akan sangat mudah digunakan, themes free juga sangat banyak.

Tutorial Cara Membuat Website Sendiri Gratis Dan Mudah

Untuk bagaimana menggunakan wordpress saya yakin anda pasti bisa cepat mengerti. Karena memang sangat amat mudah, Jadi saya rasa tidak perlu saya jelaskan dengan sangat detail. Mungkin beberapa artikel dibawah ini dapat membantu anda :

  1. Bagaimana Cara Posting Di WordPress
  2. Panduan Lengkap Cara Buat Blog Di WordPress Gratis
  3. Panduan Penting untuk Blog Baru Selft Hosting

Oke saya rasa cukup sampai disini Tutorial Cara Membuat Website Sendiri Gratis Dan Mudah semoga dapat membantu teman teman pelaku internet untuk sedikit melebarkan sayap dengan memiliki website sendiri. Tapi saran saya lebih baik memiliki domain sendiri agar url situsnya tidak terlalu panjang.